Biar Nggak Boncos, Berikut Tips Mengatur Pengeluaran Menjelang Hari Raya

Like

1. Sisihkan Dulu untuk Pengeluaran Wajib Bulanan 

Jika THR kamu berbarengan dengan gaji, jangan lupa untuk menyisihkan budget kebutuhan bulanan rutin, cicilan dan kewajiban lainnya.

Jangan sampai karena terlalu antusias menyambut hari raya, kewajiban pembayaran bulanan terbengkalai dan tidak terbayar karena anggarannya sudah terpakai. 


Baca Juga: Yuk Investasikan THR dengan Produk Investasi Syariah yang Aman dan Menguntungkan!
 



2. Jangan FOMO dan Impulsif 

Biasanya ketika sedang memiliki banyak uang, manusia cenderung tidak berpikir ulang ketika akan membeli sesuatu.


Bahkan tidak jarang barang yang sudah dibeli tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga berakhir menjadi mubazir atau tidak terpakai dan agama Islam sangat membenci hal tersebut.

Jadi ketika menyambut hari raya lebaran, sebaiknya kita mempersiapkan dengan secukupnya ya. 

Baca Juga: Ini Tips Manfaatkan THR untuk Investasi Masa Depan!

 

3. Jangan Lupa untuk Ditabung 

Jika kewajiban bulanan sudah disisihkan, maka sisa anggaran THR bisa dialokasikan untuk masuk ke tabungan. Kamu bisa menyisihkan minimal 20% untuk ditabung atau dijadikan dana darurat. 

 

Canva/Zakat

Canva/Zakat

 

4. Bayarkan Zakat Sesuai dengan Ketentuan Agama 

Satu hal yang wajib ditunaikan ketika menjelang hari raya lebaran yakni membayar zakat fitrah untuk melengkapi rangkaian ibadah puasa ramadhan.

Zakat fitrah bisa berupa uang tunai sebesar Rp45 ribu sampai Rp55 ribu ataupun beras premium sebanyak 3,5 liter.

Selain zakat fitrah, ada juga zakat maal, infaq, dan sodaqoh yang bisa dibayarkan ke badan amil zakat untuk disalurkan kepada mereka yang berhak. 

Nah itu tadi beberapa tips biar THR kamu nggak cuma numpang lewat saja. Semoga ibadah puasa ramadhan kita semua di tahun ini lancar sampai hari kemenangan tiba. Semangat berpuasa Be-emers! 


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung