Ini Tips Manfaatkan THR untuk Investasi Masa Depan!

Tips Manfaatkan THR untuk Investasi (Sumber gambar: Canva)

Tips Manfaatkan THR untuk Investasi (Sumber gambar: Canva)

Like

Tunjangan Hari Raya, atau yang juga dikenal sebagai THR, adalah pendapatan tambahan yang diperoleh pada saat hari raya. Biasanya, THR digunakan untuk kebutuhan konsumtif para karyawan.

Namun, banyak orang berpikir tidak ada salahnya untuk menghabiskan THR segera karena sering dianggap sebagai uang yang lebih dari hasil kerja. Memang, sebagian besar dana THR akan digunakan untuk berbagai kebutuhan hari raya, tetapi tidak ada salahnya mengalokasikan dana tersebut untuk melakukan investasi.

Seperti namanya, THR seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hari raya. Namun, ada baiknya untuk menghindari uang yang diterima habis secara langsung, terutama dalam kondisi tidak menentu.

Baca Juga: Tips Kelola Uang THR Versi Kemenaker
 

Tips Manfaatkan THR untuk Investasi (Sumber Gambar: Freepik)

Tips Manfaatkan THR untuk Investasi (Sumber Gambar: Freepik)

 

Tips Memanfaatkan Uang THR untuk Investasi

Kita dapat memanfaatkan dana THR untuk investasi, yang dimana hal tersebut akan bermanfaat bagi masa depan. Lalu, bagaimana cara agar uang THR kita tidak habis begitu saja dan bisa dimanfaatkan untuk investasi?

Baca Juga: Ide Bisnis untuk Menambah uang THR, Cuan Hari Raya Nih!


 

1. Memiliki Niat

Ketika kalian memiliki uang yang lebih dan ingin berinvestasi untuk masa depan, sangat penting untuk memiliki niat yang kuat untuk menyimpan dana kalian.

Menabung atau investasi tidak hanya akan sangat bermanfaat untuk masa depan, tetapi juga dapat mencegah kalian menjadi terlalu konsumtif dengan membeli barang-barang yang tidak terlalu penting.


2. Menyusun Rencana Pengeluaran Uang

Setelah mengetahui jumlah THR yang akan diterima, kalian dapat mulai mencatat juga menghitung berbagai biaya yang perlu dibayar.

Setelah itu, buatlah skala prioritas dari yang paling mendesak hingga yang paling tidak mendesak. Hal itu dapat dimulai dari kebutuhan zakat dan membagi uang hari raya kepada keluarga.