Tradisi Unik Ramadhan di Berbagai Negara: Kuwait Bagi-Bagi Cokelat

Like

3. Tembakan Meriam Setiap Waktu Berbuka Puasa

Mungkin terdengar aneh mengerikan, tapi inilah tradisi nya masyarakat Lebanon yang selalu menembakkan meriam begitu waktu berbuka tiba.

Bahkan tradisi ini yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Lebanon saat bulan suci ramadhan. Mengutip dari The Culture Trip, tradisi ini dikenal sebagai midfa al iftar.

Konon, katanya tembakan meriam ini sudah dimulai di Mesir lebih dari 200 tahun lalu, saat negara tersebut masih dibawah penguasa Ottoman Khosh Qadam.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan, Tips Supaya Sehat Optimal!

Saat itu, Qadam menguji meriam baru yang dimiliki di negaranya. Ia menguji meriam barunya saat matahari mulai terbenam.


Tapi, setelah tak sengaja menembakkannya, warga sipil justru berasumsi bahwa itu adalah cara baru untuk menandakan akhir puasa.

Praktik ini kemudian menyebar di berbagai negara Timur, termasuk negara Lebanon yang menjadikan penembakan meriam di waktu matahari terbenam sebagai tradisi mereka untuk menandai buka puasa di seluruh negeri.
 


4. Berbagi Permen dan Cokelat di Negara Kuwait

Selain tiga tradisi di atas, ternyata ada yang lebih unik lagi yaitu berbagi permen dan cokelat di negara Kuwait.

Tradisi ini dilakukan selama tiga kali perayaan di pertengahan bulan ramadhan. Anak-anak akan mengetuk pintu rumah tetangga dan bernyanyi demi permen dan cokelat. Masyarakat Kuwait menyebutnya Qarqia'an.

Namun, di Kuwait tidak hanya memiliki tradisi bagi cokelat dan permen saja loh! Mereka juga punya satu tradisi lagi yang disebut Al-Kareesh.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Ramadhan Khas Negara-Negara di Asia Tenggara

Kegiatan ini biasa dilakukan dengan berkumpul keluarga untuk makan siang sebelum berpuasa, tepatnya di hari terakhir ramadhan.

Wah, unik-unik sekali ya kegiatan atau tradisi yang ada di berbagai negara selama bulan ramadhan. Tentu dari berbagai tradisi di atas memiliki nilai dan makna tersendiri yang sudah dipercayai oleh negara mereka masing-masing.

Kira-kira, kalau di daerah kamu ada hal yang sama tidak? Atau ada tradisi unik yang biasa dilakukan selama bulan ramadhan?

Yuk, share di kolom komentar!



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung