Tradisi Unik Ramadhan di Berbagai Negara: Kuwait Bagi-Bagi Cokelat

Sumber gambar: pinterest

Sumber gambar: pinterest

Like

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Tak jarang sebagian masyarakat yang menyambut kedatangan bulan ramadhan dengan berbagai kegiatan atau semacam tradisi yang unik.

Mulai dari tradisi ritual mandi di Indonesia hingga menyalakan lampion di Mesir. Tradisi-tradisi itu tentu mengandung nilai-nilai yang dipercayai oleh negara itu tersendiri.

Berdasarkan sumber dari cnnindonesia.com, berikut ada beberapa tradisi unik dan menarik dari berbagai Negara:

Baca Juga: 4 Ide Aktivitas Berbuka Puasa Bersama yang Unik dan Menyenangkan
 


1. Mengamati Bulan sebagai Tanda Lebaran di Afrika Selatan

Setiap menjelang akhir ramadhan, masyarakat muslim Afrika Selatan ini berkunjung ke ibu kota Afrika Selatan, di Cape Town, untuk mencari bulan.


Namun, hanya pengamat bulan atau Maan kykers yang ditunjuk oleh Dewan Peradilan Muslim Afrika Selatan yang dapat menyatakan penampakan bulan secara resminya.

Mereka melakukannya dengan berdiri di sepanjang pantai di Sea Point Promenade, di puncak Signal Hill, dengan tujuan untuk memberitahu komunitas muslim perihal waktu lebaran yang semakin dekat.

Bulan ini harus dilihat dengan mata telanjang. Tradisi ini tidak hanya unik, tapi juga menampilkan pemandangan yang benar-benar indah.

Baca Juga: Nilai-Nilai Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara: Menjalin Kebahagiaan dan Kebersamaan!
 



2. Lentera Warna-Warni di Mesir

Setiap tahunnya, warga Mesir ini menyambut ramadhan dengan lentera warna-warni. Tradisi ini memiliki nilai yang melambangkan persatuan kegembiraan selama di bulan suci ramadhan.

Meski tradisi ini lebih melekat dengan budaya, tradisi ini sangat erat kaitannya dengan bulan ramadhan memiliki makna spiritual.

Lentera warna-warni ini juga ditampilkan di seluruh negeri sehingga menyebarkan cahaya selama di bulan suci ramadhan.

Baca Juga: 5 Cara Menjadikan Bukber Sebagai Momen Spesial dan Berkesan