5 Tradisi Unik Ramadhan Khas Negara-Negara di Asia Tenggara

Like

3. Singapura

Salah satu tradisi masyarakat untuk menyambut Ramadhan adalah dengan mengadakan sebuah festival yang disebut dengan “the light of Gelam’.

Festival ini merupakan festival dengan ribuan lampu yang menyinari kampung Gelam. Kampung Gelam sendiri merupakan salah satu kawasan muslim di Singapura, sehingga festival ini sangat ramai.

Baca Juga: Alhamdulillah Tak Ada Potongan THR Tahun ini, Bagaimana denganmu Kawan?
 


4. Brunei Darussalam

Seperti Indonesia dan Malaysia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, Brunei juga mempunyai jumlah penduduk muslim yang cukup besar.

Satu tradisi dalam merayakan Ramadhan yang ada di negara ini adalah pembagian kurma oleh Sultan. Kurma yang dibagikan merupakan pesanan dari negara Arab Saudi yang kemudian dikemas ulang dan dibagikan. 


Jumlah penduduk negara ini cukup kecil dan Brunei sendiri merupakan negara yang kaya raya. Hampir semua penduduk mendapatkan kurma dari sultan tersebut.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan, Tips Supaya Sehat Optimal!



5. Thailand

Berbeda dengan Indonesia, Malaysia dan Brunei, umat Islam di Thailand adalah kaum minoritas yang jumlahnya cukup kecil.

Walau pun Islam menjadi penduduk minoritas di Thailand, tetapi negara ini tetap mengadakan tradisi untuk menyambut Ramadhan, seperti tradisi rayo 6 atau merayakan hari raya selepas puasa syawal selam 6 tahun.

Tradisi-tradisi di atas menunjukkan betapa bulan Ramadhan sangat ditunggu oleh umat muslim di berbagai negara. Tradisi-tradisi tersebut cukup ramai dirayakan baik oleh umat Islam sendiri atau umat agama lain. 



#30hariramadhanbercerita


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung