5 Negara dengan Tradisi Ramadhan yang Unik, Mesir Salah Satunya!

(sumber gambar: freepik)

(sumber gambar: freepik)

Like

Ramadan, bulan suci umat Islam, tidak hanya menjadi momen spiritual bagi jutaan orang di seluruh dunia tetapi juga merayakan keragaman budaya yang kaya.

Tradisi-tradisi yang berbeda dari satu negara ke negara lain menambahkan warna dan kekayaan pada perayaan ini. Mari kita telaah beberapa tradisi yang unik di beberapa negara.

Baca Juga: Tradisi Dunia Selama Ramadhan, Budaya dan Agama Berjalan Berkesinambungan



1. Indonesia: Berbagi Berkah

Di Indonesia, Ramadan adalah saat di mana solidaritas sosial dan kebersamaan mencapai puncaknya. Selain ibadah dan puasa, umat Islam di Indonesia dikenal dengan tradisi "Buka Bersama" atau makan bersama setelah berbuka puasa.

Warung-warung makanan jalanan ramai dipenuhi oleh orang-orang yang menunggu waktu berbuka sambil menikmati hidangan lezat khas Ramadan seperti kolak dan kurma.


Baca Juga: Tradisi Unik Ramadhan di Berbagai Negara: Kuwait Bagi-Bagi Cokelat

 

2. Mesir: Lampu Ramadan


Di Mesir, tradisi yang unik adalah menghias jalan-jalan dan rumah-rumah dengan lampu-lampu warna-warni selama bulan Ramadan.

Lampu-lampu ini, yang disebut "Fanoos Ramadan", diyakini memiliki asal-usul dari masa lampu minyak tanah dan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Ramadan di Mesir.