5 Cara Menjadikan Bukber Sebagai Momen Spesial dan Berkesan

ilustrasi makan bersama, sumber gambar Pixabay.com

ilustrasi makan bersama, sumber gambar Pixabay.com

Like

Buka bersama menjadi kegiatan yang lumrah dilakukan di bulan Ramadhan. Sekadar makan bersama kemudian pulang. Hal ini membuat sebagian orang mulai enggan melakukannya.

Sekadar mengikuti acara atas nama solidaritas semata. Namun, sebenarnya kita bisa menjadikan bukber sebagai momen spesial yang tak terlupakan.

Sehingga kegiatan Bukber menjadi kegiatan yang layak ditunggu di setiap tahunnya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut.

Baca Juga: Membangun Kegembiraan Bulan Ramadhan: Ide Kreatif untuk Buka Puasa Bersama

 

1. Membuat Konsep Acara Bukber yang Tidak Biasa dan Menarik

Ketika hendak mengadakan bukber, tentukan dahulu seperti apa konsep acaranya. Contoh konsep acara bukber yang tidak biasa adalah konsep outdoor.


Biasanya bukber dilakukan di dalam ruangan. Jika ingin berbeda sebenarnya bisa dilakukan di luar ruangan. BBQ di halaman rumah atau di taman bisa menjadi kegiatan menyenangkan.

Konsep ini cocok untuk acara bukber dengan sekelompok kecil. Misalnya dengan besti in the gank atau keluarga. Contoh konsep yang kedua adalah Potluck.

Potluck adalah konsep makan bersama dimana para pesertanya membawa makanan sendiri-sendiri dan dikumpulkan menjadi satu untuk dinikmati bersama.

Baca Juga: Atur Keuangan Saat Puasa? Ini dia Tips Bukber Hemat Anti Boros!

 

2. Menentukan Tempat dan Waktu yang Tepat

Hal ini penting diperhatikan agar semua undangan dapat hadir secara keseluruhan. Sehingga tidak ada yang merasa sedih dan kecewa, karena waktunya bentrok dengan kegiatan lain.

Selain itu tempatnya juga harus terjangkau oleh semua peserta.