Status Mahasiswa Baru, Ramadan Hari Pertama, Kuliah Hari Pertama : Sebuah Kisah Klasik

Like

Tepat tanggal 1 September dan hari pertama puasa Ramadan menjadi hari pertama perkuliahan, luar biasa. Saat merantau pertama kali, awalnya biasa saja malah merasa bahagia sekali, ternyata saat Ramadan kesepian mulai terasa, terutama saat sahur.

Biasanya kalau saat dirumah ada ibu yang menyiapkan makanan sahur hangat, ditemani ngobrol ringan, saat di kos semua serba sepi, karena saat itu tidak semua teman kos terbiasa sahur atau beberapa ada yang sahur tetapi masih belum kenal akrab.

Baca Juga: Hidangan Klasik dari Indonesia hingga Amerika: Cocok Jadi Santapan Lebaran!

Makanan sahur pun cenderung makanan yang dibeli saat malam, sehingga dalam keadaan dingin saat dimakan.

Kedua, saat berbuka puasa tiba, saat di perantauan banyak orang menjual takjil dengan harga yang murah, apalagi untuk kawasan mahasiswa, tentu saja banyak harga mahasiswa alias harga murah.


Tentu saja, ini menjadi salah satu hiburan tersendiri, buka bersama dengan teman kos menjadi hal baru yang menyenangkan. Hal itu sedikir mengalihkan perhatian dari homesick, meskipun sesekali rasa rindu tetap ada, wajar.

Ketiga, saat melakukan ibadah malam salat tarawih. Biasanya berangkat bersama ibu, saat di perantauan seringkali berangkat sendiri atau bersama teman.

Baca Juga: Pengalaman Mengharukan dan Menggugah Hati yang Tak Terlupakan Saat Ramadan

Rindu suara mubaligh yang dirumah, rindu orang-orang kampung yang menyapa ramah dan sebagainya. Tetapi lagi-lagi, tetap harus bertahan untuk mengejar cita-cita.

Singkat cerita, Ramadan di tahun 2008 adalah masa saya beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga kesan istimewa terus terngiang-ngiang dalam ingatan. Proud of me :)

#30hariramadhanbercerita



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung