Tradisi dan Nilai-Nilai Ramadan di Berbagai Negara, Termasuk Indonesia

Like

3. India

  • Chaand Raat, Chaand Raat merupakan tradisi untuk merayakan malam terakhir di bulan ramadan dengan henna dan hidangan-hidangan penutup spesial khas India, ini mengandung nilai keberkahan dan rasa syukur terhadap bulan yang penuh berkah.

 


Baca Juga: 5 Meme Coin yang Siap Meledak Setelah Halving Bitcoin 2024


Nilai-nilai Luhur yang Terkandung dalam Tradisi Ramadan

  1. Nilai Kebersamaan, Tradisi-tradisi ramadan baik yang ada di Indonesia seperti ngabuburit dan mudik mengajarkan kita untuk dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara sesama umat muslim.
  2. Nilai Kedermawanan, Tak hanya mengenai kebersamaan, tetapi juga terkandung nilai kedermawanan dalam tradisi-tradisi ramadan yang ada, seperti contohnya berbagi takjil dan juga berbagi sedekah terhadap yang membutuhkan.
  3. Nilai Keikhlasan dan Kesabaran Last but not least, tradisi-tradisi yang ada pada saat bulan ramadan juga mengandung nilai dan makna untuk dapat melatih kesabaran kita baik dalam menghadapi rasa lapar dan haus maupun menahan hawa nafsu, selain itu kita juga dapat menumbuhkan rasa keikhlasan dalam menjalankan ibadah puasa selama sebulan lamanya, tentunya tradisi-tradisi yang ada hanyalah sebagai “penambah cerita dan makna” dari bulan ramadan.
Tradisi ramadan di berbagai negara merupakan warisan adat dan budaya yang patut dilestarikan dan dihargai.

Selain nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya, tradisi-tradisi ini juga menjadi daya tarik dan ciri khas ramadan di setiap negara.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung