THR Sudah Cair? Pastikan Kelola THR Kamu dengan Bijak Jelang Hari Raya

Like

3. Hindari Uang THR untuk Kebutuhan yang Tidak Perlu

Tak jarang dari kita yang kalap dengan shopping ketika ada stok uang yang tersisa. Maka penting menerapkan diri sendiri untuk tidak membelanjakan uang THR dengan kebutuhan yang tidak perlu.

Penting untuk menahan hasrat agar tidak belanja secara berlebihan, khususnya mendekati momen lebaran ini.

Baca Juga: Stop Hura-Hura Ketika Menerima THR: 2 Langkah Bijak Mengelola THR!

 

4. Gunakan Uang THR untuk Melunasi Utang

Daripada untuk membeli kebutuhan yang tidak begitu penting, lebih baik jika uang THR kamu gunakan untuk melunasi hutang yang ada.

Hal ini dapat mengurangi beban keuangan kamu dengan memprioritaskan melunasi kewajiban berupa hutang atau cicilan yang dimiliki.




5. Tetap Disiplin dan Konsisten dengan Pengeluaran Keuangan

Konsisten itu penting, meski terlihat sulit. Tetapkan jumlah pengeluaran mu setiap bulannya, dan mulailah konsisten untuk tidak melebihi batas pengeluaran.

Miliki komitmen untuk tidak membelanjakan uang THR melebihi anggaran yang tersedia.

Baca Juga: 5 Tips Kelola THR yang Efektif



6. Jangan Lupa Berbagi

Sedekah adalah bagian dari menyucikan harta kita dari hal-hal yang tidak kita ketahui baik buruknya. Jangan lupa untuk menyisihkan sedikit dari uang THR kita untuk disedekahkan kepada kaum yang membutuhkan. Atau kamu juga bisa memberinya pada anggota keluarga mu seperti adik atau keponakan.

Jika ingin pengeluarannya teratur, buatlah daftar nama dan nominal THR yang akan diberikan. Dengan daftar ini, kamu dapat menyalurkan THR dengan baik, serta menghindari kekurangan uang THR karena memberikannya kepada orang yang tidak termasuk di daftar penerima.

Itulah beberapa tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengelola uang THR kamu dengan bijak sebelum menyambut hari raya.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung