Stop Hura-Hura Ketika Menerima THR: 2 Langkah Bijak Mengelola THR!

uang (sumber gambar: pinterest)

uang (sumber gambar: pinterest)

Like

THR merupakan kepanjangan dari Tunjangan Hari Raya. Menjelang lebaran seperti saat ini, salah satu yang ditunggu pekerja adalah gaji THR.

Pasalnya, mendapatkan THR rasanya seperti mendapatkan uang kaget, THR harus diatur agar kehadirannya tidak hanya numpang lewat yah, Be-emers!.

Dalam berbagai blog, sosial media dan akses informasi lainnya disebutkan bahwa perlu mengelola dana THR.

Pengelolaan dana THR ini tentu saja memerlukan langkah yang jelas, sebenarnya ada berbagai tips untuk mengatur THR, tetapi saya lebih memilih untuk kombinasikan pengaturan THR ini, yaitu menjadi dua cara.

Baca Juga: Prioritaskan 5 Hal Ini sebelum Menghabiskan THR




1. Pembagian Kebutuhan dalam Kategori

Membagi THR dalam beberapa kategori sangat perlu dilakukan. Mungkin terlihat rumit di awal, tapi justru ini yang akan menentukan hasil akhir.

Pembagian dana THR ini bisa dialukan dalam 3 kategori
- Kewajiban. Kategori ini bisa berupa hutang. Bisa cek kembali, apakah kita memiliki hutang dengan orang lain. Catat semua rincian hutang kita, prioritaskan mana yang perlu dibayar terlebih dahulu.

- Tabungan. Nah, untuk kategori ini bisa berupa investasi, baik investasi digital maupun emas, be-emers wajib meninggalkan jejak uang THR, agar tidak cuma numpang lewat.

Baca Juga: THR Sekadar Numpang Lewat! Lakukan Hal ini Agar Awet sampai Tahun Depan

- Kebutuhan Lebaran. Lebaran merupakan saat yang cukup tepat untuk lebih berbagi kepada sanak saudara selain bisa berkumpul dengan keluarga.

Otomatis kebutuhan persiapan lebaran meningkat, apalagi ada yang namanya mudik, tentu saja menjadikan kategori kebutuhan harus ada.