5 Tradisi Masyarakat Jawa Tengah dalam Merayakan Lebaran: Dari Balon Udara Hingga Lebaran Ketupat

Like

3. Tradisi Kupat Jembut

Tradisi ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat di salah satu kampung di Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang.

Tradisi ini sudah ada sejak puluhan tahun. Kupat Jembut yang dimaksud di sini adalah ketupat yang diisi dengan tauge dan sambal kelapa.

Acara ini biasanya diramaikan dengan anak-anak yang berlarian untuk berebut uang dan ketupat, biasanya diadakan ketika bulan syawal.

Baca Juga: Tradisi dan Nilai-Nilai Ramadan di Berbagai Negara, Termasuk Indonesia
 


4. Festival Balon Udara

Festival balon udara adalah fetival untuk meramaikan momen Lebaran, terdapat di beberapa tempat di daerah Jawa Tengah.


Menurut laman kompas.com karena membahayakan aktivitas penerbangan makan saat ini kementrian perhubungan hanya mengizinkan pelaksanaan festival balon udara di dua lokasi yaitu di Wonosobo dan Pekalongan.

Baca Juga: Galak Gampil: Tradisi Jelang Lebaran Khas Jawa Timur!
 


5. Tradisi Prapegan

Menurut website atmago.com, prepegan adalah sebuah istilah untuk menyebutkan tradisi dua hari menjelang Lebaran yang ditandai dengan suasana pasar yang ramai sesak.

Saat itu banyak orang pergi berbelanja ke pasar untuk memenuhi kebutuhan Lebaran. Tradisi ini biasa dilakukan oleh masyarakat Tegal.




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung