Kendala Ketersediaan Komoditas Pangan Menjelang Lebaran di Semarang, Nomor 1 Permasalahan Harga!

Like

2. Ketersediaan Stock

Biasanya setiap hari raya Idul Fitri harga bahan baku untuk produksi makanan atau harga bahan pangan akan mengalami kelangkaan.

Kelangkaan tersebut disebabkan karena meningkatnya pembelian oleh masyarakat atau karena pengiriman yang tersendat yang disebabkan daerah sumber bahan baku yang gagal panen atau karena faktor akses jalan menuju tujuan yang kurang lancar.

Baca Juga: SDN 04 Medas Lombok, Sekolah Pertama di Asia yang Dibangun Dari Bahan Daur Ulang!

Seperti saat ini, banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di daerah Demak dan Grobogan sempat membuat ketersediaan stock agak terganggu dan harga komoditas pangan yang berasal dari daerah tersebut juga mengalami kenaikan.

Saat ini stock bahan pangan di Semarang terpantau aman, dengan cara mengambil bahan pangan dari daerah lain yang tidak terdampak banjir.


 

3. Kualitas Bahan Baku

Bukan hanya soal harga barang dan stock saja yang menjadi kendala dalam ketersediaan bahan baku akan tetapi kualitas bahan juga menjadi salah satu perhatian dari pemkot.

Banyak bahan makanan yang beredar ketika menjelang lebaran sudah expired atau berkualitas kurang baik. Selain memperhatikan harga dan ketersediaan stock, pemkot juga memprioritaskan memeriksa kualitas dari bahan pangan yang sudah beredar.

Baca Juga: Bisnis Produk dan Bahan Baku Makanan Vegan, Kenapa Bisa Mahal?

Salah satu caranya adalah dengan sering mengadakan operasi pasar.

Diambil dari laman inilah.com, meskipun mengalami kenaikan harga tetapi inflasi kota Semarang masih cukup rendah daripada daerah lain.

Hal tersebut menunjukkan bahwa pemkot Semarang sukses untuk mengendalikan harga dan mencukupi stock persediaan bahan pangan saat ini.



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung