Financial Freedom di Usia Muda? Tips Menggapai Kebebasan Finansial dari Hal Sederhana!

Like

Cara Financial Freedom di Usia Muda


Lunasi Hutang dan Jangan Berhutang Lagi

Untuk mengurangi beban hutang, buatlah daftar total hutang dan buat rencana pembayaran cepat. Jangan biasakan untuk berutang karena semakin banyak utangmu, semakin jauh kamu akan mencapai financial freedom.

Baca Juga: Aset Kripto, Regulasi ITSK, dan Peluang Jasa Hukum di Industri Kripto Tanah Air

Jika kamu dihadapkan pada situasi harus melakukan peminjaman, ada baiknya kamu untuk memilih pinjaman dengan bunga yang rendah dan segera membayar utang tersebut secepat mungkin.



Mulai Berinvestasi

Salah satu cara terbaik untuk agar bisa segera financial freedom adalah dengan investasi. Saat ini sudah ada berbagai jenis investasi yang dapat Anda pilih.

Untuk pemula, ada banyak jenis investasi yang dapat Anda coba, seperti investasi dalam emas, reksadana, deposito, saham, atau cryptocurrency.


Namun, jika Anda masih pemula, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan investasi, seperti mempelajari jenis investasi yang akan dipilih, memahami situasi keuangan yang ada, serta sudah menentukan tujuan investasi tersebut.

Baca Juga: Prioritaskan 5 Hal Ini sebelum Menghabiskan THR
 


Pantau Selalu Pengeluaran

Selain itu, memantau pengeluaran setiap bulan dapat sangat membantu untuk lebih bebas secara finansial. Dengan mengetahui berapa pengeluaran bulanan yang biasa dikeluarkan, hal tersebut dapat membuat kamu bisa memiliki strategi mengatur keuangan yang tepat.

Melakukan hal ini juga dapat membantu kamu terhindar dari pembelian yang tidak diperlukan.

 

Tidak Boros

Salah satu cara untuk mendapatkan kebebasan finansial adalah menjalani hidup hemat yang artinya tidak boros.

Namun, hidup hemat bukan berarti kamu akan menderita karena harus mengurangi anggaran untuk kebutuhan dasar yang biasanya.

Tetapi bisa membuat perbedaan antara apa yang dibutuhkan dan apa yang diinginkan karena itu dapat membantu sekali untuk menghemat uang.

Baca Juga:




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung