Prioritaskan 5 Hal Ini sebelum Menghabiskan THR

Ilustrasi mendapat THR (Sumber gambar : pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Ilustrasi mendapat THR (Sumber gambar : pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Like

Bulan ini merupakan bulan dimana seorang karyawan mendapatkan THR.

THR merupakan pendapatan di luar gaji yang dibayarkan perusahaan kepada karyawan. Di satu sisi, karena berpikir bahwa THR merupakan pendapatan di luar gaji, sehingga membuat seseorang mempergunakan uang THR dengan kurang bijak, atau digunakan untuk berfoya-foya.

Alangkah bijaknya apabila uang THR ini digunakan untuk hal-hal penting yang mungkin selama ini tertunda karena ketiadaan dana. Berikut beberapa alokasi yang menjadi prioritas ketika THR itu turun.

Baca Juga: THR Sekadar Numpang Lewat! Lakukan Hal ini Agar Awet sampai Tahun Depan

 

1. Utang

Apabila kita masih ada utang yang belum dibayar dan jatuh tempo bulan ini, alangkah lebih baik THR tersebut digunakan untuk membayarnya. Seperti yang kita tahu, bahwa membayar utang adalah sebuah kewajiban dan dianjurkan untuk tidak bersedekah dulu apabila ada utang belum terbayar.


Sehingga lebih baik ketika kita ada rejeki yang cukup lebih baik digunakan untuk membayar utang dahulu.

 

2. Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan pada saat bulan Ramadan oleh setiap muslim baik laki-laki dan perempuan. Zakat ini hukumnya wajib bagi orang Islam. Sehingga, prioritaskan dan masukkan dalam budgeting untuk pembayaran zakat.

Baca Juga: Biar Nggak Boncos, Berikut Tips Mengatur Pengeluaran Menjelang Hari Raya

Zakat fitrah berupa makanan pokok atau beras dan uang. Apabila masih ada pendapatan yang berlebih bisa kita alokasikan untuk membayar zakat mal.