Lonjakan Penawaran Pekerjaan dan Kenaikan Gaji Membuat Pasar Kripto Bullish Bergairah

Ilustrasi Pasar Kripto Bullish Bergairah (Sumber gambar: coin-turk.com)

Ilustrasi Pasar Kripto Bullish Bergairah (Sumber gambar: coin-turk.com)

Like

Pasar kerja kripto semakin panas seiring masuknya industri ini ke dalam tren naik baru. Kenaikan harga dan aktivitas kripto telah menghasilkan lonjakan pelamar dan penempatan iklan di situs-situs kerja industri ini.

Raman Shalupau, pendiri papan pekerjaan CryptoJobsList, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa telah terjadi pertumbuhan sebesar 20–30% setiap bulan untuk jumlah perusahaan yang aktif.

Dia menambahkan bahwa sebagian besar aktivitas berasal dari perusahaan-perusahaan yang sudah ada yang bertahan selama pasar beruang: “Saya belum melihat tren spesifik dari masuknya perusahaan-perusahaan baru ke pasar saat ini.”

Baca Juga: Kisruh Binance di Nigeria: Tantangan dan Tindakan Otoritas Terhadap Bursa Kripto Terbesar

Menurut Shalupau, perekrutan pada tahap awal bull run cenderung berasal dari perusahaan-perusahaan yang sudah ada, yang dalam banyak kasus melakukan pembekuan rekrutmen saat pasar kripto sedang lesu.


Tahap perekrutan berikutnya terjadi saat perusahaan-perusahaan baru mulai mencari bakat, tetapi pertumbuhan ini cenderung datang lebih dalam dalam siklus.

Shalupau mengatakan: “Biasanya terjadi sekitar enam bulan dalam satu siklus atau lebih ketika ada lebih banyak aktivitas VC [venture capital] ketika orang merasa bahwa sudah aman. Ini di sini. Kripto hadir untuk tinggal — lagi.”

“Setidaknya dalam siklus sebelumnya, itu juga datang dengan penemuan model bisnis atau pemahaman baru. Misalnya, multichain adalah paradigma baru — jadi kita membutuhkan lebih banyak alat analisis, bukan? Etherscan tidak lagi cukup, jadi kita perlu sesuatu seperti Nansen, misalnya,” tambah Shalupau.

Baca Juga: Aset Kripto, Regulasi ITSK, dan Peluang Jasa Hukum di Industri Kripto Tanah Air

Namun, narasi baru tersebut belum ditemukan pada tahap ini dalam bull run. Shalupau menunjukkan bahwa pertukaran — salah satu segmen terbesar pasar kripto — sedang mempersiapkan upaya perekrutan mereka secara signifikan.

Penelitian oleh Cointelegraph mengkonfirmasi bahwa lebih dari 1.000 pekerjaan tersedia di antara pemain-pemain terkemuka industri ini: Binance, KuCoin, Coinbase, Kraken, dan Gemini.

Baca Juga: Hal yang Harus Diketahui Sebelum Terjun ke Investasi Cryptocurrency