Omset Tetap Stabil Pasca Lebaran. Bagaimana Caranya?

ilustrasi toko baju sumber gambar Pixabay

ilustrasi toko baju sumber gambar Pixabay

Like

Lebaran adalah momen yang ditunggu banyak orang. Persiapan menghadapi lebaran membuat budaya konsumtif masyarakat meningkat.

Ramadan membawa berkah bagi pelaku usaha, terutama ritel dan online shop. Sehingga penjualan meningkat selama Ramadan dan menjadi angin segar bagi bisnis.

Namun, setelah momen lebaran, lewat, banyak pebisnis mengalami penurunan omset yang signifikan. Hal ini dikarenakan jiwa konsumtif masyarakat kembali normal.

Penurunan omset merupakan hal yang wajar dalam setiap bisnis. Namun dengan strategi yang tepat, kita bisa menekan penurunan omset tersebut dan bahkan sangat mungkin untuk meningkatkannya.

Lantas, bagaimana caranya agar omset bisnis tetap stabil pasca Lebaran? Simak strateginya berikut ini:


Baca Juga: Strategi Cuan Berjualan Es Buah Selama Ramadhan, Meski Simple Keuntungannya Menggiurkan!



1. Evaluasi dan Analisis Penjualan

Evaluasi dan analisis adalah langkah awal untuk menentukan strategi. Dengan evaluasi dan analisis kita akan mendapatkan gambaran jelas tentang performa selama Ramadan dan setelahnya.

Dengan insight yang diperoleh, kita bisa menyesuaikan strategi pemasaran dan promosi yang tepat agar lebih efektif dalam menarik pelanggan pasca Lebaran.

Baca Juga: Menjelajahi Ragam Kuliner Ramadhan di Kabupaten Sinjai, 5 Jenis Usaha yang Menggiurkan
 


2. Adakan Promosi Setelah Lebaran

Promosi bukan hanya menjadi kunci sukses selama Ramadan, tetapi juga setelahnya. Gunakan data analisis untuk menciptakan promosi yang relevan dan menarik bagi pelanggan.

Hal ini akan membantu  mempertahankan pelanggan lama dan menarik konsumen baru.