3 Alasan Pejuang SNBT Mesti Cek Lokasi Ujian Sebelum Hari Pelaksanaan!

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi

Like

Awal Mei mendatang (7/5/2024) anak sulung kami akan mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

SNBT adalah salah satu jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), selain ada juga jalur SNBP dan jalur mandiri. SNBT itu sendiri dilakukan dengan cara Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK).

Nah, ketika melakukan registrasi secara daring, kami pun memilih lokasi ujian (Pusat UTBK)  anak kami di lokasi yang paling dekat dengan rumah tempat kami tinggal.

Walau jarak tempuhnya sekitar empat puluh menit (menurut versi google map) dari rumah, ternyata kami sama sekali tidak mengetahui lokasi ujian itu secara persis.

Baca Juga: Pertimbangkan dengan Matang Ketika Mengikuti SNBP 2024


Nah, untuk mengetahui lokasi tersebut dengan tepat, kami pun mencoba berkunjung ke sana, jauh hari sebelum pelaksanaan ujian.

Tentunya kami berpikir, ada banyak manfaat ketika anak kami sudah tahu persis lokasi ujiannya jauh hari.

Menurut hemat saya, inilah beberapa alasan pentingnya berkunjung ke lokasi ujian jauh hari sebelum pelaksanaan ujian.

Pertama, dengan mengetahui lokasi ujian jauh hari sebelum pelaksanaan, tentu akan memudahkan untuk membuat perencanaan ke lokasi tersebut saat mengikuti ujian.

Seperti pengalaman pertama kami, kami tidak mengetahui kalau kampus itu berada di dua lokasi. Sementara lokasi yang kami kunjungi pertama sekali bukanlah lokasi ujian anak kami. Melainkan pada lokasi yang kedua, atau kampus baru.

Melalui  pengalaman tersebut, tentunya kami pun dapat merencanakan kalau saat ujian nanti, harus mengantarkan anak kami melalui  tol yang mana. Sebab menuju kampus tersebut ternyata ada dua tol yang dapat dilalui.

Baca Juga: Menanggapi Kegagalan SNBP, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!