Eksistensi Budaya Tradisional di Kalangan Gen Z, Akankah Bertahan dan Tidak Pudar?

Like

Akses terhadap media yang begitu mudah bagi khalayak umum saat ini merupakan titik tengah untuk mengangkat dan memperkenalkan tradisi-tradisi seni dan budaya yang dimiliki oleh negeri.

Begitu banyak pecinta seni yang mencampurkan seni dan budaya tradisional dengan lagu-lagu dangdut seperti campursari dan dapat menarik perhatian gen Z untuk mendalami lagi kesenian dan kebudayaan tradisional.

Akan tetapi, hal tersebut membuahkan hasil yang kurang memuaskan, karena dengan pesatnya modernisasi dan westernisasi yang terus menerus berkembang membuat budaya tradisional tidak mampu bersaing.

Baca Juga: Optimisme terhadap Seni di Negeri Kita

Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa zaman sekarang banyak wisatawan asing yang mempelajari dan mendalami seni dan budaya tradisional.


Mereka menganggap budaya tradisional yang menurut generasi muda tidak ngetren dan terkesan kuno malah berbanding terbalik dengan wisatawan asing yang menganggap bahwa hal tersebut unik.

Tidak sedikit dari mereka yang ingin mempelajari lebih dalam tentang seni dan budaya tradisional.

Beragam hal yang telah terjadi perlu untuk diperhatikan agar senantiasa kesenian dan kebudayaan Indoensia tidak terlupakan untuk masa-masa yang akan mendatang.

Peran pemerintah dan masyarakat serta seniman perlu ditingkatkan untuk mencegah gen Z yang telah termakan oleh arus modernisasi dan westernisasi.

Baca Juga: Ikebana: Seni Merangkai Bunga yang Bermakna Keselarasan di Antara Langit, Bumi, dan Manusia

Pengenalan akan seni dan budaya tradisional harus dilakukan sejak dini. Hal tersebut guna menghindari pudarnya seni dan budaya tradisional warisan leluhur yang telah susah payah mempertahankannya.

Gen Z harus segera bangkit dan melestarikan seni dan budaya tradisional. Jangan sampai seni dan budaya tradisional bangsa Indonesia direbut oleh bangsa lain.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung