Tembus 2 Juta Penonton! Fakta Unik dan Alasan Kamu Harus Tonton Film Siksa Kubur

Like

Fakta Unik Film Siksa Kubur

1. Film ke-23 Karya Joko Anwar

Nama ‘Joko Anwar’ mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Joko Anwar dikenal setelah sukses menyutradarai berbagai judul film.

Misalnya, Pengabdi Setan, Gundala, Sri Asih, Janji Joni, dan masih banyak lainnya. Siksa Kubur menjadi karyanya yang ke-23 sepanjang kariernya.

Selain itu, "Siksa Kubur" juga menjadi ajang comeback film horor Joko Anwar setelah terakhir memproduksi Pengabdi Setan 2.

 

2. Lagu Opick sebagai Soundtrack Film Siksa Kubur

Terdapat salah satu lagu yang dibawakan oleh penyanyi religi, yakni Opick untuk melengkapi produksi film Siksa Kubur.

Lagu ‘Bila Waktu Tlah Berakhir’ menjadi soundtrack utama dalam film ini. Lagu tersebut dipilih karena isinya sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan melalui "Siksa Kubur."


Baca Juga: Film Horor Kiblat Dianggap Menistakan Agama, MUI Minta Dilarang Tayang!

 

3. Tayang di Sejumlah Negara

Antusiasme yang sangat tinggi tidak hanya dirasakan penggemar film horor di Indonesia. Joko Anwar menegaskan akan merencanakan "Siksa Kubur" untuk tayang di beberapa negara lain, bahkan di luar Asia.
 

4. Makna Ular pada Poster Film "Siksa Kubur"

Berdasarkan poster film "Siksa Kubur" dapat terlihat wujud ular yang memvisualisasikan dengan ular Syuja’ul Aqra.

Lebih lanjut, sosok ular tersebut terkandung pada sebuah hadis berikut ini:
"Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa diberi harta oleh Allah, lalu dia tidak menunaikan (kewajiban) zakatnya, pada hari kiamat hartanya dijadikan untuknya menjadi seekor ular jantan aqra' (yang kulit kepalanya rontok karena di kepalanya terkumpul banyak racun), yang berbusa dua sudut mulutnya. Ular itu dikalungkan (di lehernya) pada hari kiamat. Ular itu memegang (atau menggigit tangan pemilik harta yang tidak berzakat tersebut) dengan kedua sudut mulutnya, lalu ular itu berkata, 'Saya adalah hartamu, saya adalah simpananmu.' Kemudian beliau SAW membaca (QS Ali Imran 180)

'Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil menyangka dst."
(HR Bukhari 11/508 no 1338).

Baca Juga: Agak Laen, Film Komedi Horor Indonesia yang Masuk Pasar Amerika Serikat!