Apakah Bitcoin Akan Segera Mencapai Titik Terendah? Cek Berikut Tanda-tandanya

Ilustrasi Bitcoin (Sumber gambar: ultimatesecurecash.info)

Ilustrasi Bitcoin (Sumber gambar: ultimatesecurecash.info)

Like

Harga Bitcoin mengalami penurunan antara tanggal 30 April dan 1 Mei, dengan harga turun sebesar 11,5% menjadi $56.522.

Penurunan ini memicu likuidasi posisi panjang berleverage sebesar $172 juta, yang cukup rendah mengingat minat terbuka futures Bitcoin (BTC) sebesar $28,9 miliar sebelum crash harga.

Oleh karena itu, akan terlalu sederhana untuk mengasumsikan bahwa para pembeli terkejut.

 

Tidak pasti akan berkurang setelah rilis notulen Federal Reserve:

Beberapa analis percaya bahwa para investor dalam posisi menunggu hingga Jerome Powell, ketua Federal Reserve Amerika Serikat, mengakhiri pidatonya menyusul pertemuan dewan moneter selama dua hari pada 1 Mei.

Meskipun diperkirakan bahwa Fed akan mempertahankan suku bunga pada 5,25%, ada keraguan yang considerable mengenai kemampuan Departemen Keuangan AS untuk membiayai anggaran pemerintah.


Pada tanggal 30 April, yield obligasi dua tahun Departemen Keuangan AS naik ke level tertinggi dalam lima bulan, mencapai 5,06%, karena investor mencari imbal hasil yang lebih tinggi untuk menutupi risiko yang meningkat menyusul pengumuman defisit sebesar $1,07 triliun untuk paruh pertama tahun 2024.

Baca Juga: Joe Biden Mengajukan Usulan untuk Membunuh Industri Penambangan Bitcoin Amerika

Sejak kenaikan suku bunga Fed sepanjang tahun 2023, biaya bunga atas defisit telah naik sebesar 23% paruh pertama tahun 2024 dan diperkirakan akan terus meningkat selama suku bunga tetap tinggi.

Bitcoin tidak sendirian menghadapi penurunan: kondisi makroekonomi yang memburuk telah membuat para investor lebih cenderung menghindari risiko.

Indeks Russell 2000, yang melacak perusahaan-perusahaan AS berkapitalisasi menengah dan kecil, turun 8,2?lam 30 hari terakhir, menghapuskan keuntungan dari dua bulan sebelumnya.

Demikian pula, harga minyak WTI telah turun 8,3% sejak 5 April, ketika mencapai puncak lima bulan sebesar $87,91.

Indikasi utama bahwa koreksi harga Bitcoin mungkin mencapai titik terendah berasal dari pasar tradisional, menyusul serangkaian laporan pendapatan korporat kuartal pertama yang kuat dari perusahaan-perusahaan besar seperti Amazon, Microsoft, Google, Netflix, TSMC, Samsung, Coca-Cola, Morgan Stanley, Citigroup, HSBC, dan Barclays.

Baca Juga: Usai Halving Bitcoin, Para Penambang Kembali Mengukur Potensi Untung di Kripto

Pemulihan sementara di pasar saham mengalihkan fokus investor dari Bitcoin dan aset berisiko lainnya, meskipun para trader mungkin mencari alternatif jika Fed memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.