Jangan Sampai Kena Warning, karena Oversharing

Like

Berlebihan membagikan informasi pribadi juga bisa membuatmu menjadi korban tindak kejahatan.

Jika data pribadimu tersebar karena kebiasaan oversharing dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, tentunya yang akan mengalami kerugian besar adalah kamu.

Sehingga berhati-hatilah jika ingin bercerita atau menggunakan media sosial. Jangan sampai merugikan diri sendiri juga lingkungan tempat kamu bekerja. 

Selain itu, kebiasaan oversharing juga bisa membuat kamu tersandung permasalahan yang tentunya bisa mengancam perjalanan karir.

Ketika kamu membagikan informasi terkait perusahaan di media sosial yang seharusnya informasi tersebut bukan untuk dikonsumsi publik maka kamu harus mempertanggungjawabkan hal tersebut terlebih jika hal yang kamu bagi mengandung isu sensitif. 

Bercerita kepada orang yang bisa dipercaya/Canva

Bercerita kepada orang yang bisa dipercaya/Canva

 


Berbagi cerita atau informasi kepada rekan kerja atau sosial media sebenarnya tidak ada larangannya, hanya saja jika porsi yang dibagikan terlalu banyak atau malah cenderung menjelek-jelekan dan menimbulkan respons serta pemahaman yang negatif itulah yang salah.


Baca Juga: Persiapan Psikis, Mental, dan Fisik dalam Mengarungi Bahtera Pernikahan Agar Tercapai Kebahagiaan

Maka dari itu hendaknya jika kita ingin berkeluh kesah bisa dengan cara bercerita kepada orang yang bisa dipercaya seperti keluarga ataupun sahabat dan pastikan kamu bercerita secara objektif.

Hindari menggunakan media sosial ketika kamu masih merasa emosi terkait pekerjaan yang sedang kamu jalani. Ingat kerugian yang ditimbulkan dari kebiasaan oversharing bisa fatal untuk karir dan juga kehidupan kamu, jadi mulai sekarang yuk biasakan berbagi sesuatu sesuai porsinya ya. 




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung