IHSG Diprediksi Menguat Jelang Keputusan Suku Bunga BI dan Pidato The Fed

Ilustrasi IHSG (Sumber gambar: ekbis.co)

Ilustrasi IHSG (Sumber gambar: ekbis.co)

Like

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan penguatan pada Senin (20/5) setelah akhir pekan lalu berakhir hijau di level 7.317, mencapai level tertinggi dalam sebulan terakhir.

Analisis teknikal dari Phintraco Sekuritas mencatat bahwa IHSG telah membentuk pola "three white soldiers" dan didukung oleh pelebaran positive slope pada indikator MACD.

Support IHSG berada di 7.250, dengan resistance di 7.375.

"Ini menandai adanya bullish continuation. Kami memperkirakan IHSG akan melanjutkan reboundnya pada Senin (20/5) dengan menguji resistance di 7.375," demikian tertulis dalam riset Phintraco Sekuritas pada Minggu (19/5/2024).

Baca Juga: Bingung Pilih Kripto atau Saham? Yuk Pahami Detailnya!


 

Faktor Pendukung dalam Negeri

Pelaku pasar modal Indonesia bersiap menyambut keputusan suku bunga Bank Indonesia (BI) dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang akan digelar pada Rabu (22/5).

BI diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan di level 6,25%. Selain itu, pengumuman data pertumbuhan kredit (Loan Growth) bulan April juga menjadi perhatian pasar. Pertumbuhan kredit ini diperkirakan akan melanjutkan tren positifnya sejak Maret lalu.

"Penguatan IHSG diperkirakan akan terus berlanjut dengan dukungan dari berbagai faktor domestik yang positif, termasuk stabilitas suku bunga dan pertumbuhan kredit yang kuat," ungkap Phintraco Sekuritas seperti yang dikutip dari IDXChannel.com.

Baca Juga: Investor Wall Street Menjual Saham Meta Platform setelah Pengumuman Rencana Investasi AI
 

Sentimen dari Luar Negeri

Di sisi global, investor juga akan menantikan pidato Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell, pada Senin (20/5).

Pidato ini dinantikan setelah rilis data inflasi bulan April 2024 yang turun sesuai ekspektasi pasar, yakni sebesar 3,4 persen, menandai penurunan pertama dalam tiga bulan terakhir. Pidato Powell diharapkan memberikan kepastian terhadap optimisme pasar yang tinggi mengenai peluang pemangkasan suku bunga pada September 2024.

"Pertemuan pejabat Fed dalam FOMC Minutes pada Kamis (23/5) juga diharapkan mampu memberikan sentimen positif bagi pasar saham global," tambah Phintraco Sekuritas seperti yang dikutip dari IDXChannel.com.