Kasus Burning Sun yang Kembali Viral, Cek Faktanya!

Like

Fakta-Fakta Baru di Balik Skandal Burning Sun

Usai BBC merilis dokumenter terkait skandal Burning Sun, terdapat fakta-fakta baru yang penuh kontroversial, diantaranya:


1. Adanya Bantuan dari Goo Hara

Dalam dokumenter BBC tersebut, ternyata Goo Hara, mantan personel dari girl group KARA turut bermain peran untuk membantu reporter Kang Kyung-yoon dalam menelisik skandal ini. 

Alasannya karena Goo Hara sangat prihatin dengan para korban, terlebih dirinya juga pernah menjadi korban atas kejadian tersebut.

Hara memanfaatkan Choi Jong-hoon yang merupakan teman dekatnya semasa trainee untuk menggali informasi tentang Burning Sun.

 

2. Kasus Ditutup Rapat oleh Polisi

Berkat bantuan dari Goo Hara, terbuka fakta baru bahwa terdapat pejabat kepolisian yang menutup skandal ini di mata publik. 

Sebut saja Yoon Kyu-keun. Ia telah menerima suap dan membantu transaksi dalam penyelundupan narkoba di club Burning Sun. 


Baca Juga: Mengentaskan Middle Income Trap, Indonesia Bisa Belajar dari Korea Selatan
 

3. Jeratan Hukum yang Tak Adil

Sejak terungkap adanya permainan polisi di belakangnya, penegak hukum mulai tergerak untuk menginvestigasi skandal ini. Ketiga pelaku utama yaitu Seungri, Jun Jong-young, dan Choi Jong-hoon dijatuhi hukuman penjara.

Seungri, bos dari Burning Sun dipenjara selama 18 bulan karena mengatur perdagangan seks dan perjudian terlarang.

Jun Jong-young dijerat 5 tahun penjara atas pelecehan terhadap perempuan dan tindakan molka. Namun, diketahui dirinya telah bebas pada bulan Maret 2024 lalu. 

Sementara Choi Jong-hoon, bersalah karena melakukan pelecehan terhadap perempuan di tahun 2016. Ia pun dijatuhi 5 tahun penjara, namun sayangnya hukuman tersebut dipotong jadi 2,5 tahun. Alhasil, ia telah bebas pada November 2021.

Melihat jeratan hukum mereka, banyak publik yang tak terima karena dinilai tidak setimpal dengan kesalahan yang telah mereka perbuat di Burning Sun.

Beberapa korban pun ada yang tak berani melaporkannya ke pihak hukum. Mereka hanya bisa speak up untuk memberikan peringatan antisipasi bagi para perempuan.


4. Dua Jurnalis Terkena Intimidasi

Fakta dibalik skandal Burning Sun ini bisa terbuka karena usaha penyelidikan dua jurnalis bernama Kang Kyun-yoon dan Park Hyo-sil. Sayangnya selama masa tersebut, mereka malah mendapatkan intimidasi dari fans fanatik ketiga pelaku. 

Mereka diteror dengan berbagai hujatan dari telepon, email, dan media sosial selama 3 tahun berturut-turut. Park Hyo-sil bahkan sempat mengalami keguguran 2 kali.