Dua Emiten Indonesia Masuk FTSE Global Equity Index Quarterly Juni 2024

Ilustrasi FTSE (Sumber gambar: mediaasuransinews.co.id)

Ilustrasi FTSE (Sumber gambar: mediaasuransinews.co.id)

Like

Dua emiten asal Indonesia, PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) dan PT Mastersystem Infotama Tbk (MSTI), berhasil mencatatkan prestasi gemilang dengan masuk dalam FTSE Global Equity Index Quarterly untuk periode Juni 2024.

Pengumuman resmi ini disampaikan oleh pihak FTSE Russel dan akan efektif mulai Senin, 24 Juni 2024.

 

Prestasi BREN dan MSTI di Indeks Bergengsi

PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) masuk ke dalam kategori Large Cap, sementara PT Mastersystem Infotama Tbk (MSTI) masuk ke dalam indeks Small Cap.

Pencapaian ini menandai pengakuan internasional terhadap kedua perusahaan dalam hal kinerja dan potensi pertumbuhan di masa depan.

FTSE Global Equity Index merupakan salah satu indeks paling bergengsi yang menjadi acuan bagi investor global dalam mengambil keputusan investasi.


Indeks ini mencakup total 19.000 perusahaan publik dari berbagai kapitalisasi pasar di 49 negara, termasuk pasar negara berkembang (emerging market).

Baca Juga: IHSG Diprediksi Menguat Jelang Keputusan Suku Bunga BI dan Pidato The Fed

 

Katalis dan Strategi BREN

BREN, sebagai bagian dari Grup Barito Pacific, saat ini menempati posisi market cap nomor satu di Indonesia, khususnya di sektor energi baru terbarukan yang masih jarang ditemui di pasar emiten publik Indonesia.

Salah satu faktor kunci yang mendukung pencapaian ini adalah akuisisi terbaru BREN atas pembangkit listrik tenaga angin Sidrap dengan kapasitas 75 MW, yang menambah portofolio panas bumi BREN di Star Energy Geothermal dengan total kapasitas terpasang sebesar 886 MW.

"Kami menyambut baik masuknya BREN dalam FTSE Global Equity Index ini. Ini tentunya merupakan bentuk dari kepercayaan market terhadap strategi bisnis jangka panjang kami, di mana kami siap mendukung transisi energi menuju net zero," ujar Corporate Secretary BREN, Merly, dalam keterangan resminya sepeti yang dikutip dari IDXChannel.com.

Merly juga menambahkan bahwa penambahan BREN ke dalam indeks FTSE dapat dimaknai sebagai apresiasi terhadap langkah-langkah ekspansif yang dilakukan BREN, seperti penambahan pembangkit tenaga angin yang menunjukkan diversifikasi portofolio panas bumi perusahaan.