Pemerintah Potong 3% Gaji Karyawan Usai Regulasi Tapera Terbit, Akankah Efektif bagi Pekerja?

Like

Pro dan Kontra Kebijakan Simpanan Tapera


Tapera merupakan jenis penyimpanan yang dikumpulkan oleh peserta dalam jangka waktu tertentu untuk dimanfaatkan sebagai biaya perumahan. 

Simpanan Tapera ini bisa digunakan untuk perbaikan dan pembangunan rumah dengan masa tenor hingga 30 tahun.

Namun, kebijakan yang dirilis oleh Presiden Jokowi tersebut justru menuai pro dan kontra dari masyarakat.

Banyak dari mereka yang menyayangkan karena penghasilannya semakin menipis akibat dipotong oleh kebutuhan Tapera tersebut.

Baca Juga: Simpanan Tapera: Semua Pekerja Bisa Punya Rumah dari Potong Gaji?


Belum lagi bagi pekerja yang mempunyai gaji pas-pasan atau di bawah upah minimum, kebijakan ini membuat mereka jadi terbebani.

Potongan-potongan gaji jadi makin bertambah, sehingga mereka takut nantinya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Banjirnya komentar dari masyarakat, Presiden Joko Widodo sangat mewajarkan hal tersebut. Ia yakin masyarakat nantinya dapat menerima secara perlahan mengenai kebijakan ini. 

Sebab, ia bercermin dari kebijakan BPJS Kesehatan lalu. Awalnya memang banyak masyarakat yang kurang setuju, lambat laun kebijakan iuran BPJS tersebut pun diterima dan memberikan impact langsung yang berguna untuk masyarakat.

Namun, sebelum dirilisnya perubahan regulasi tersebut, Jokowi telah mengkalkulasikan kebijakan dengan maksimal melihat dari penghasilan seluruh pekerja. 

Pemerintah juga tengah menggodok benefit lain dari regulasi ini bagi mereka yang sudah memiliki hunian. Apabila mereka ada yang tidak ingin ikut menjadi peserta Tapera, mesti berkoordinasi dan negosiasi terlebih dahulu kepada perusahaan.

Pemerintah berharap dengan adanya regulasi Tapera tersebut, bisa memberikan akses kepemilikan rumah yang layak dan merata bagi seluruh pekerja di Indonesia tanpa ada kesenjangan karena profesi.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung