Membeli Asuransi: Urgensi dan Polemiknya

pexels-leeloothefirst

pexels-leeloothefirst

Like

Dalam kehidupan ini, ada banyak risiko yang harus di cover.  Misalnya rumah sering terjadi kebakaran. Jika tak punya asuransi, saat kebakaran, kita akan menderita kerugian atas terbakarnya semua aset.

Namun, di balik perlindungan asuransi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan karena adanya klausa dan perusahaan asuransi yang tidak kredibel. Yuk kita belajar tentang asuransi.

 

Apa Itu Asuransi?

Asuransi adalah sebuah perjanjian di mana perusahaan asuransi berkomitmen untuk memberikan kompensasi finansial kepada pemegang polis jika terjadi risiko atau kerugian yang telah disepakati.

Jenis risiko ini bisa berupa kerugian finansial akibat kecelakaan, penyakit, bencana alam, atau kejadian tak terduga lainnya.

Dengan membayar premi, pemegang polis mendapatkan perlindungan finansial yang bisa membantu mengurangi beban ekonomi saat terjadi musibah.


Baca Juga: Perusahaan Asuransi Jiwa dengan Aset yang Cukup Besar

 

Urgensi Punya Asuransi

1. Perlindungan Finansial

Asuransi memberikan perlindungan finansial yang sangat penting. Misalnya, jika seseorang mengalami kecelakaan dan harus menjalani perawatan medis yang mahal, asuransi kesehatan akan menanggung sebagian besar biaya pengobatan.

Tanpa asuransi, biaya ini bisa menjadi beban besar yang sulit ditanggung sendiri.

 

2. Pengelolaan Risiko

Hidup penuh dengan ketidakpastian. Dengan memiliki asuransi, seseorang dapat mengelola risiko-risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Asuransi jiwa, misalnya, bisa memberikan kepastian finansial bagi keluarga yang ditinggalkan jika pencari nafkah utama meninggal dunia.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Gen Z Wajib Punya Asuransi

 

3. Investasi dan Tabungan

Beberapa jenis asuransi, seperti asuransi unit link, juga berfungsi sebagai instrumen investasi. Premi yang dibayarkan tidak hanya memberikan perlindungan, tetapi juga diinvestasikan, yang bisa memberikan keuntungan finansial di masa depan.

 

4. Kewajiban Hukum

Beberapa jenis asuransi, seperti asuransi kendaraan bermotor, merupakan kewajiban hukum di banyak negara.

Memiliki asuransi ini bukan hanya memberikan perlindungan, tetapi juga memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.