Corporate Social Responsibility, Penting Enggak Sih?

Like

Lho tapi kan perusahaanku gak di bidang itu, terus apakah aku harus tetap membuat program CSR? Hmm, sebenarnya keputusan itu balik lagi ke perusahaan kalian masing-masing sih.

Soalnya, dana yang dikeluarkan untuk CSR itu tidak sedikit lho. Ambil contoh Pertamina Renjana Cita Srikandi deh.

Kalau ditotal, biaya penyelenggaraan event itu diperkirakan bisa mencapai 635 juta rupiah. Itu baru dari biaya tetapnya saja, belum dihitung biaya lain-lain dan biaya tak terduga. 
         
Nah, kamu harus mengevaluasi lagi laporan keuanganmu, apakah ada cukup dana untuk pembiayaan program tersebut?

Baca Juga: Deretan Program CSR Terbaik Milik Perusahaan Ternama!


Kalau ada, analisislah sebesar apa impact yang diharapkan dan apakah sesuai dengan dana yang telah dikeluarkan?

Program seperti apa yang diinginkan dan bagaimana tanggapan masyarakat juga penting kamu perhatikan. Jangan sampai, program sudah disusun tapi malah sepi peminat. Ya boncos juga jadinya. 
 
Kak, tapi perusahaanku belum sebesar itu, berdiri saja baru beberapa tahun, profitku juga belum besar besar amat. Apa aku akan dihukum juga kalau tidak melakukan CSR sama sekali? Menurutku sih enggak ya. 
       
Kalaupun nanti perusahaanmu diaudit dan ketahuan belum melaksanakannya, ya jelaskan saja kalau memang untuk saat ini perusahaanmu masih belum mampu dan masih berfokus ke ranah ekspansi bisnis.

Aku rasa tim mereka bakal paham kok. Asalkan kamu jangan sampai menghalalkan segala cara demi mewujudkan CSR dengan dalih itu bentuk kewajiban dari pemerintah. 





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung