IHSG Pekan Ini: Penurunan 3,48 persen dan Dinamika Investor Asing, Bagaimana Prospek Senin Depan?

Like

Perdagangan Saham di BEI

1. Rata-rata Nilai dan Volume Transaksi

Meskipun IHSG mengalami penurunan, data perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan beberapa indikator positif.

Rata-rata nilai transaksi harian mengalami kenaikan signifikan sebesar 49,01 persen menjadi Rp18,12 triliun dari Rp12,16 triliun pada pekan sebelumnya.

Rata-rata volume transaksi harian juga meningkat sebesar 34,47 persen menjadi 20,729 miliar saham dari 15,415 miliar saham.

 

2. Kapitalisasi Pasar dan Frekuensi Transaksi

Di sisi lain, kapitalisasi pasar bursa selama sepekan mengalami penurunan 4,35 persen menjadi Rp11.825 triliun dari Rp12.363 triliun pada penutupan pekan sebelumnya.

Rata-rata frekuensi transaksi harian juga sedikit menurun 0,79 persen menjadi 1,130 juta kali transaksi dari 1,139 juta kali transaksi pada pekan lalu.


Baca Juga: PT Arthakencana Rayatama Tambah Kepemilikan Saham di PT AKR Corporindo Tbk (AKRA)
 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pergerakan IHSG

1. Sentimen Global dan Domestik

Penurunan IHSG pekan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor global dan domestik. Ketidakpastian ekonomi global, seperti kebijakan moneter dari bank sentral utama dunia dan ketegangan geopolitik, memberikan dampak signifikan terhadap sentimen investor.

Di sisi domestik, data ekonomi yang tidak sesuai ekspektasi dan kekhawatiran terhadap stabilitas politik turut mempengaruhi pergerakan pasar.