Teror Heatwave di India, Puluhan Manusia Hingga Satwa Meninggal Dunia!

Like

Imbas Heatwave yang Menyerang Manusia hingga Satwa

Badan meteorologi cuaca setempat bahkan mengeluarkan peringatan “Siaga Merah” karena tingginya suhu panas yang sangat berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat.  

Akan tetapi, India tengah menggelar pesta demokrasi dari bulan April sampai Juni. Hal tersebut menimbulkan huru-hara yang tak hanya datang di bidang politik, tetapi juga di bidang kesehatan.

Dilaporkan ada 50 orang meninggal dunia yang sebagian besar korbannya berasal dari panitia pemilihan umum. 

Mereka mesti bertugas seharian penuh baik di dalam maupun di luar ruangan untuk melayani masyarakat.

Meskipun pemerintah telah memberikan penanganan seperti fasilitas kipas angin di tiap tempat pemungutan suara, tak menutup kemungkinan mereka tetap terkena imbas dari heatwave.


Selain memakan korban jiwa, ribuan warga di sana juga terkena kasus heatstroke dan dilarikan ke rumah sakit.

Salah satunya adalah aktor bollywood India, Shah Rukh Khan yang sempat mengalami dehidrasi akut sehingga harus ditangani serius oleh medis.

Dampak dari cuaca panas ekstrem tak hanya menerpa manusia, tetapi kawanan monyet di India turut jadi korbannya.
 
Dilansir dari kompas.com, ada sekitar 40 satwa monyet liar yang meninggal dunia. Mereka bahkan menyerang sumur-sumur milik warga karena kehilangan sumber minum.

Baca Juga: Dampak Penyakit yang Timbul Akibat Heatwave, Kamu Merasakannya?

 

Penyebab Heatwave dan Upaya Mitigasi Bencana dari Pemerintah

Cuaca panas memang kerap menggulung kota Taj Mahal di pertengahan tahun. Namun, di tahun ini kenaikan suhu mencapai 2 kali lipat dari biasanya.

Kenaikan suhu tersebut diakibatkan dari gangguan angin panas yang tak terkendali di laut Mediterania dan gurun Rajasthan.

Diperburuk lagi dengan padatnya aktivitas manusia yang menghasilkan tingginya gas emisi karbon dioksida.

Melihat dampak akibat cuaca panas yang semakin buruk, pemerintah bersama Kementerian Kesehatan India bersikeras untuk membuat berbagai mitigasi bencana. 

Cuaca panas ekstrem ini sangat berbahaya karena dapat mengancam kehidupan masyarakatnya. Beberapa sekolah di India pun diliburkan sementara. 

Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak.








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung