Frugal Living: Kenali Istilah, Manfaat, dan Cara Memulainya!

Like

Tips Memulai Frugal Living


1. Catat Anggaran

Kamu harus siapkan catatan terkait anggaran yang kamu punya. Mulai dari kebutuhan pokok, anggaran wajib setiap bulannya, hingga keuangan untuk hal yang darurat
 

2. Buat Tujuan yang Jelas

Dengan melakukan frugal living, kamu harus pastikan tujuan yang akan dicapai. Buatlah goals serta impian yang akan dituju. Hal ini akan membantu dirimu untuk tetap semangat dalam melakukan frugal living
 

3. Memikirkan Kualitas Produk

Konsep frugal living adalah harga harus sesuai dengan kualitas. Kamu akan memilih untuk beli barang mahal, tapi kualitasnya bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

Konsep ini dilakukan agar kamu dapat berhemat tanpa perlu mengeluarkan kebutuhan yang sama di setiap tahunnya. Jadi percuma beli barang murah, tapi kualitas meragukan. 

Baca Juga: Menerapkan Perilaku Frugal Living Secara Optimal!

 

4. Belanja Cerdas

Sering belanja yang enggak penting? Kamu harus hindari untuk impulsive buying, jangan sampe tergiur untuk membeli barang-barang enggak penting. 


Alternatif lainnya kamu bisa membeli barang bekas dengan kualitas yang baik atau membeli produk dengan merek lain yang lebih murah, tapi tetap mementingkan kualias produknya.

Ingat, konsep frugal living yang kamu lakukan jangan sampai merugikan orang lain ya!







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung