5 Cara Sederhana Menerapkan Frugal Living yang Bisa Kamu Tiru!

Like

3. Batasi Keinginan

Keinginan yang tak ada habisnya seringkali membuat horang kaya pun mudah kalap. Makanya CW berpesan agar bijak kelola keinginan diri.

Pilih keinginan yang bisa membuat kita berkembang lebih baik. Selain itu, lebih baik ditunda saja. Misalnya nih karena CW ini hobi nulis, dia lebih memih menginvestasikan uang untuk mengikuti pelatihan dari penulis terkenal demi perkembangan hobinya.

Siapa tahu dengan berkembangnya kemampuan nulisnya, suatu hari nanti ia bisa jadi penulis terkenal yang bisa menghasilkan banyak buku best seller juga?

Baca Juga: Gaya Hidup Frugal Living, Bukan Pelit Tapi Hemat!

 

4. Menabung dan Berinvestasi

Seberapapun kayanya kamu, kalau kamu tidak pandai mengelolanya, pasti akan habis juga. Karena itulah, kamu perlu rajin menabung dan berinvestasi.


Produk investasi andalan CW adalah saham. Ia mengoleksi beberapa saham dari perusahaan terkenal dan rajin memantau pergerakan serta devidennya lewat aplikasi.

Dengan begitu, ia bisa mendulang lebih banyak pundi-pundi rupiah.

Baca Juga: Frugal Living: Kenali Istilah, Manfaat, dan Cara Memulainya!

 

5. Lakukan Decluttering, Reuse dan Recycle

Ini bukan saja tindak ramah lingkungan, tapi menurut CW dapat membuat rumah menjadi lebih rapi, bersih dan ringkas.

Kamu pun bisa memanfaatkannya menjadi sesuatu dengan cara kreatif. Contoh nyatanya, CW berhasil mengubah tas kresek bekasnya menjadi dompet serbaguna.

Gitu aja nih tips dari CW. Kamu tertarik mengikuti gaya frugal livingnya? Poin mana nih yang paling menantang buat kamu jalanin?

#Mon-FridayChallengeJuni






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung