Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan untuk WFH

Ilustrasi WFH (Sumber gambar: Canva)

Ilustrasi WFH (Sumber gambar: Canva)

Like

Bekerja dari rumah atau yang kita kenal dengan sebutan work from home (WFH) mulai menjadi pilihan sebagai gaya bekerja untuk beberapa profesi dan perusahaan.

Work from home diawali dari keharusan membatasi kegiatan dan berinteraksi dengan orang banyak ketika pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 lalu. 

Kala itu, tidak hanya di Indonesia tetapi hampir satu dunia menetapkan ketentuan pembatasan interaksi untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Agar perekonomian tetap berjalan, banyak perusahaan memutuskan untuk merubah pola kerja menjadi WFH atau bekerja dari rumah.

Bukan hanya karyawan saja, para pelajar pun melakukan metode pembelajaran jarak jauh agar proses belajar mengajar tetap berjalan meskipun dalam kondisi pandemi. 


Dengan adanya skema bekerja dari rumah, banyak yang merasa dimudahkan karena selain meminimalisir bertemu dengan orang banyak, bekerja dari rumah juga memudahkan bagi para pekerja yang sudah memiliki keluarga untuk berkesempatan berinteraksi lebih dekat dengan keluarganya.

Namun tidak jarang juga yang mengeluhkan ada kendala ketika bekerja dari rumah lho

Baca Juga: Budak Korporat, Ini Rekomendasi Tempat untuk WFC di Bintaro!

Ketika kamu akan memutuskan mengambil pekerjaan dengan sistem WFH, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yakni: 
 

Mengatur waktu ketika bekerja dari rumah/Canva

Mengatur waktu ketika bekerja dari rumah/Canva

 

1. Atur Waktu Sesuai Porsi Pekerjaan 

Salah satu kekurangan WFH yang dirasa bagi para karyawan adalah durasi bekerja yang terasa lebih lama.

Hal tersebut dikemukakan berdasarkan data survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga pencari kerja di Indonesia pada 2020 lalu.

Baca Juga: John McAfee: Pionir Antivirus Pertama Dunia yang Kisah Hidupnya Cukup Kontroversial

Banyaknya distraksi ketika bekerja dari rumah seperti terbagi dengan pekerjaan rumah tangga atau disambi dengan mengurus anak menjadi salah satu faktor para pekerja yang menyebutkan waktu bekerja mereka menjadi lebih panjang bahkan hingga melebihi jam normalnya. 

Maka dari itu, jika kamu ingin mencoba bekerja dengan skema WFH, pastikan kamu bisa disiplin mengatur waktu dengan baik dan bisa mengatasi distraksi di rumah agar waktu bekerja bisa lebih produktif.