Haji Pembuka Rezeki, Perekonomian Meningkat?

Like

Berkah dari ibadah haji dapat dirasakan dalam masa sebelum haji, saat haji, sesudah haji dilaksanakan.

Setidaknya terdapat dua manfaat haji diantaranya manfaat terhadap kehidupan dunia, seperti keuntungan dan perdagangan, serta manfaat terhadap akhirat diantaranya doa dan ibadah.

Dapat diketahui di lingkungan sekitar, toko oleh-oleh haji, travel, perusahaan penerbangan, usaha catering dan UMKM penyedia perlengkapan ibadah haji, seperti kain ihram, baju batik, koper dan percetakan yang mencetak buku panduan haji maupun nametag jamaah haji.

Berkah haji para pelaku usaha kini kembali mengalami peningkatan yang terus berdampak positif pada pertumbuhan usaha-usahanya yang terkait musim haji saat ini.

Tidak hanya jamaah haji yang merasakan antusias dalam melaksanakan musim haji ini, tetapi juga dirasakan pihak yang berkaitan dengan aktivitas musim haji itu sendiri.


Baca Juga: Membawa Berkah, Dampak Ibadah Haji Bagi Perekonomian Indonesia!

Pertama, usaha oleh-oleh tentu kini kembali mengalami peningkatan pemesanan dari para jamaah haji.

Baik itu makanan ringan, air zam-zam, sajadah, sarung, mukena, jilbab, Al-Qur'an, maupun lainnya dan segala jenis oleh-oleh dari jamaah haji yang biasanya mereka tidak membeli di Arab Saudi melainkan jamaah haji kebanyakan membawa oleh-oleh tersebut di toko lokal.

Karena hampir setiap daerah memiliki toko dengan usaha seperti ini.

Selanjutnya, jasa travel haji menjadi salah satu sektor utama dalam perjalanan musim haji ini yang memberikan pelayanan kepada jamaah haji. Seperti kegiatan manasik, pengurusan visa dan lainnya.

Tidak hanya itu, perusahaan transportasi juga mengalami peningkatan. Bus-bus pariwiisata kini kembali beroperasi dalam mengantar dan menjemput jamaah haji ke bandara.