Haji Pembuka Rezeki, Perekonomian Meningkat?

Like

Perusahaan penerbangan yang  melayani penerbangan jamaah hingga ke Tanah Suci. Kenaikan ini berdampak pada perekonomian perusahaan penerbangan.

Dampak lain dari musim haji juga dirasakan oleh UMKM penyedia perlengkapan haji. Misalnya, batik termasuk juga penjahitnya, kain ihram, koper, serta buku panduan haji.

Kenaikan omset tidak hanya terjadi pada usaha-usaha itu saja. Namun berdampak pada usaha-usaha penyedia bahan bakunya seperti kain, kertas, percetakan, pengemasan serta jasa ekspedisi dan usaha lain dalam perekonomian yang memiliki dampak positif.

Masyarakat indonesia memiliki ciri khas ketika hendak berangkat haji atau ketika kembali ke tanah air pada umumnya masyarakat mengadakan doa bersama atau tasyakuran dengan menghadirkan tetangganya.

Baca Juga: Selain Ibadah, Ini Dampak Haji Bagi Perekonomian!


Acara tersebut tentu memiliki dampak kenaikan omset para pengusaha catering dan juga pedagang bahan makanan di pasar.

Oleh karena itu, hubungan antara haji dengan transaksai merupakan keterkaitan yang sangat erat, karena dalam ibadah haji terdapat potensi ekonomi yang besar melalui kegiatan ekonomi seperti jual beli, sewa menyewa dan sebagainya.

Dengan ibadah haji, sektor ekonomi akan terus berjalan, pendapatan masyarakat meningkat dan sektor produksi dan distribusi juga mengalami peningkatan.

Nah menurut sobat Be-emers apakah musim haji ini membawa berkah?  

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa haji pembawa rezeki bagi siapapun itu. Dan musim haji juga memberikan berkah pada roda ekonomi masyarakat.





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung