9 Langkah Mendukung Implementasi Ekonomi Hijau

Semua makhluk hidup berhak hidup. Mari dukung ekonomi hijau. Sumber: Pixabay

Semua makhluk hidup berhak hidup. Mari dukung ekonomi hijau. Sumber: Pixabay

Like
Sumber Daya Alam (SDA) merupakan bagian alam yang boleh dikelola oleh manusia. SDA yang dikelola dengan baik, akan memberikan kebaikan juga untuk manusia. 
 
Namun, karena pengelolaan yang tidak sesuai aturan, berakibat keseimbangan alam terganggu karena sebagian manusia hanya mengejar di bidang perekonomian.

Sedangkan bagian sosial dan lingkungan kurang bahkan tidak diperhatikan. Hal ini menyebabkan kerusakan lingkungan.
 
Kerusakan lingkungan yang dibiarkan akan berdampak seperti saat ini, hasil bumi habis, kelangkaan air bersih, udara tercemar dan panas, musim yang kacau, melelehnya es di kutub, banjir, kenaikan air di laut, punahnya jutaan hewan dan tumbuhan, dan efek buruk lain.
 
Secara singkat ekonomi hijau merupakan prinsip ekonomi yang seimbang antara ekonomi, sosial, dan lingkungan, yang ditujukan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.
 
Konsep ekonomi hijau ini sebenarnya sudah lama digaungkan, tetapi resminya dimulai tahun 2008 oleh PBB.

Prinsip ekonomi hijau ini juga sebenarnya sudah diterapkan di masing-masing negara dengan membuat berbagai peraturan dan perundang-undangan turunan.
 
Sebagian dari peraturan dan perundang-undangan ini tentu saja sudah diterapkan dengan baik oleh beberapa pihak, tetapi tentu saja masih terjadi banyak pelanggaran oleh oknum-oknum tertentu.