PPDB dan Persiapan Keuangan yang Harus Dilakukan

Like

4. Memanfaatkan Beasiswa dan Bantuan Pendidikan

Cari informasi mengenai beasiswa atau bantuan pendidikan yang tersedia dari sekolah atau pemerintah lokal. Beasiswa bisa sangat membantu meringankan beban keuangan keluarga, terutama bagi yang memiliki lebih dari satu anak yang sedang bersekolah.

Baca Juga: Segini, Biaya Pendidikan yang Mesti Kamu Siapkan Jika Tidak Lolos PPDB Negeri

 

5. Buat Anggaran Bulanan

Penting untuk menyesuaikan anggaran keluarga dengan biaya pendidikan anak. Buat anggaran bulanan yang realistis, memperhitungkan semua pengeluaran rutin serta biaya sekolah. Pastikan juga untuk menyisihkan dana darurat untuk kebutuhan tidak terduga.
 

6. Sharing dengan Orang Tua Lain

Berbicara dengan orang tua yang anaknya sudah bersekolah di tempat yang menjadi pertimbangan dapat memberikan perspektif baru tentang kualitas pendidikan dan biaya tersembunyi. Pengalaman mereka bisa sangat berguna dalam membantu membuat keputusan yang tepat.

Dengan perencanaan yang matang dan pengelolaan keuangan yang bijaksana, proses PPDB dapat dijalani dengan lebih lancar. Pendidikan adalah investasi jangka panjang dalam masa depan anak, sehingga mempersiapkannya dengan baik akan membawa dampak positif yang signifikan.




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung