Jokowi Keluhkan Izin Rumit, Taylor Swift Enggan Konser di RI!

Like

Gegara Izin Rumit, Pelaku Event jadi Banyak yang Menjerit

Suksesnya Singapura setiap penyelenggaraan event konser musik penyanyi internasional karena kemudahan akses dan dukungan dari pemerintah. Jokowi mengakui kalau Indonesia masih kalah telak dalam hal tersebut, terutama akses perizinan.

Di Indonesia, masalah perizinan adalah hal yang paling krusial. Hal ini dapat dibuktikan dari penyelenggaraan Moto GP yang diselenggarakan di Mandalika.

Melansir dari bisnis.com, ajang Moto GP Mandalika mesti mengantongi 13 izin dari tingkat kecamatan sampai pusat. Izin-izin tersebut mulai dari izin desa, Polsek, Polres, Polda, Mabes Polri, RSUD, hingga dinas-dinas setempat.

Perizinan yang berlapis-lapis ini jadi penyebab sulitnya menggelar event-event bertaraf nasional dan internasional di Indonesia. Padahal, profit yang didapat bisa masuk kantong negara dengan jumlah milyaran hingga triliunan rupiah.

Baca Juga: Terungkap! Rahasia Stamina Taylor Swift di Konser The Eras Tour


Tak hanya bisa meningkatkan ekonomi negara, secara tidak langsung pagelaran event tersebut merupakan ajang bentuk promosi Indonesia ke mata dunia.

Menyoal masalah perizinan, Presiden Joko Widodo tengah mengawasi sistem yang mengatur perizinan suatu event bernama Online Single Submission (OSS). Sistem izin tersebut telah diatur secara digital, sehingga bisa memudahkan pelaku event untuk menyelenggarakannya.

Sayangnya, sistem perizinan yang sudah berjalan selama 3 tahun itu malah disalahgunakan oleh salah satu kabinetnya sendiri. Jokowi sangat geram ketika mendengar kabar dan meminta KPK segera menangkap dan menindaklanjuti pelakunya. 

Baca Juga: Swiftposium: Efek Karya Musik Taylor Swift dalam Dunia Akademik

Jokowi berharap tidak ada lagi ditemukan kasus penyalahgunaan sistem perizinan, supaya pagelaran event di Indonesia dari berbagai skala bisa terlaksana melalui dukungan pemerintah tanpa ada hambatan akses apapun. 







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung