Alasan CEO Startup Meninggalkan Perusahaannya Saat Sudah Besar

Like

Alasan Meninggalkan

Ada beberapa alasan umum mengapa pendiri memilih untuk meninggalkan startup mereka:


1. Kebutuhan akan Manajemen Profesional

Saat perusahaan tumbuh, sering kali diperlukan kepemimpinan yang lebih terstruktur dan terfokus pada skala bisnis yang lebih besar.

Pendiri mungkin merasa mereka tidak memiliki latar belakang atau pengalaman yang cukup untuk mengelola perusahaan pada tahap tersebut.
 

2. Perbedaan Visi dan Prioritas

Pendiri mungkin memiliki visi yang berbeda dengan investor atau tim manajemen yang baru masuk. Ini bisa menyebabkan gesekan atau ketegangan dalam arah strategis perusahaan.

Baca Juga: Inovasi Terbaru: Menyambut Kehadiran Startup Quick Commerce di Indonesia
 

3. Kehilangan Gairah dan Motivasi

Setelah mencapai titik tertentu dalam pengembangan produk atau pasar, beberapa pendiri merasa mereka telah menyelesaikan misi mereka dan kehilangan gairah untuk tetap terlibat secara aktif.
 

4. Perbedaan Misi antara Founder dan Investor

Ketika pertumbuhan pasar startup tidak lagi sebesar sebelum Covid, juga ketidak-pastian bisnis,  Investor tetap menuntuk  founder untuk tetap berkembang sesuai target dengan profit yang besar.
 



Kondisi Startup yang Berubah

Perubahan kondisi startup seiring waktu juga mempengaruhi keputusan pendiri untuk pergi. Awalnya, startup mungkin memiliki budaya kerja yang sangat fleksibel dan kolaboratif, tetapi seiring dengan pertumbuhan, struktur organisasional dan tuntutan korporat dapat mengubah atmosfer dan dinamika yang awalnya menarik bagi pendiri.

Baca Juga: Peran Start-Up dalam Pengembangan Ekonomi Digital di Indonesia

Dalam kesimpulan, meninggalkannya seorang pendiri bisa menjadi tahap alami dari evolusi startup yang sukses.

Ini bisa menjadi kesempatan untuk membawa pengelolaan yang lebih matang atau untuk pendiri untuk menjelajahi ide-ide baru. Meskipun perpisahan ini dapat mengejutkan, itu seringkali merupakan bagian dari perjalanan yang dinamis dalam dunia startup yang inovatif dan berubah dengan cepat.








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung