Pertanyaan Wawancara Kerja yang Out Of The Box Selama Proses Rekrutmen!

Pertanyaan out of the box adalah salah satu pertanyaan yang tidak bisa dihindarkan saat rekrutmen kerja (sumber gambar : Pinterest )

Pertanyaan out of the box adalah salah satu pertanyaan yang tidak bisa dihindarkan saat rekrutmen kerja (sumber gambar : Pinterest )

Like

“Sumber daya manusia itu seperti sumber daya alam; seringkali terkubur dalam-dalam. Anda harus mencarinya; sumber daya tersebut tidak hanya tergeletak di permukaan.” - Ken Robinson


Seorang kutipan tentang sumber daya manusia yang dapat diartikan bahwa seorang manusia pastinya memiliki potensi tertentu untuk digali.

Sebagai seorang HRD atau perekrut calon karyawan sebaiknya dapat menggali kemampuan seorang karyawan lewat wawancara, karena tujuan wawancara sebagai salah satu tahapan perekrutan adalah untuk mencari sinkronisasi antara CV pelamar dengan jobdisk pekerjaan.

Baca Juga: Ingin di-notice HRD? Yuk Optimalkan Profil LinkedIn Kamu!

Selain itu, mengevaluasi kemampuan calon kandidat, menilai kecocokan kandidat dengan budaya perusahaan, menggali informasi tambahan serta membangun kesan pertama dengan calon kandidat. Dengan demikian, wawancara kerja menjadi poin yang penting dalam tahapan perekrutan karyawan.

Kualitas pertanyaan tentunya harus dimiliki oleh HRD. Berikut ini ada beberapa contoh pertanyaan menarik dan out of the box yang bisa digunakan oleh HRD.
  1. Jelaskan warna biru pada orang yang tidak bisa melihat.
  2. Coba jual bolpoin yang saya pegang ini
  3. Jika uangmu tidak terbatas, apa yang akan kamu lakukan?
  4. Coba ajarkan saya tentang sesuatu.
  5. Menurut kamu, antara spiderman dan batman siapa yang menang?
  6. Apa kegunaan es batu, bisa disebutkan dalam 30 detik?
  7. Seandainya kamu seekor semut dan kamu ingin keluar dari blender, apa yang kamu lakukan?