Kilas Balik Penutupan Pabrik Sepatu BATA, Tutup Pabrik jadi Keputusan Terbaik?

Pabrik Sepatu BATA terpaksa tutup akibat kerugian terus menerus. Kilas balik dibalik penutupan pabrik yang digadang-gadang jadi keputusan terbaik (Sumber gamabr: Suara Merdeka)

Pabrik Sepatu BATA terpaksa tutup akibat kerugian terus menerus. Kilas balik dibalik penutupan pabrik yang digadang-gadang jadi keputusan terbaik (Sumber gamabr: Suara Merdeka)

Like

PT. Sepatu Bata Tbk bergerak dalam pembuatan dan penjualan produk alas kaki di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan alas kaki kulit, alas kaki kanvas, sepatu kausal dan olah raga, sandal cetakan injeksi dan alas kaki keselamatan Industri juga terlibat dalam import, ekspor dan distribusi alas kaki.

Perusahaan ini menawarkan produk melalui took serta online dan melayani pedagang eceran dan grosir. PT. Sepatu Bata Tbk di dirikan pada tahun 1931 dan berkantor pusat di Jakarta Selatan, Indonesia.

Baca Juga: Sepatu Bata (BATA): Komitmen Tetap Berinvestasi di RI Usai Tutup Pabrik

Manajemen PT. Sepatu Bata Tbk mengumumkan pihak nya telah menghentikan operasional pabrik yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat pada 30 April 2024. Hatta Tutuko, Direktur dan Sekretaris Perusahaan BATA dalam pengumuman nya, Jumat (03/05/2024) mengatakan, Perseroan telah melakukan berbagai upaya selama empat tahun terakhir di tengah kerugian dan tantangan industry akibat pandemi dan perubahan prilaku konsumenyang begitu cepat.

Menurut Hatta, BATA sudah tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta, karena permintaan pelanggan terhadap jenis produk yang di buat di pabrik itu terus menurun. Selain itu kapasitas produksi jauh melebihi kebutuhan yang bisa di peroleh secara berkelanjutan dari pemasok lokal Indonesia. “Dengan begitu, perseroan tidak dapat melanjutakan produksi nya di pabrik Purwakarta” tulis Hatta dalam laporannya.