Likes
4. Mengabaikan Feedback Pelanggan
Pelanggan adalah raja. Mengabaikan feedback pelanggan bisa menjadi kesalahan fatal bagi UMKM. Pelanggan yang merasa tidak puas dengan produk atau layanan kita, akan sangat mungkin untuk tidak kembali lagi. Lebih buruknya, mereka memberikan ulasan negatif yang mempengaruhi reputasi usaha kita.Langkah Mengatasi:
- Buatlah saluran komunikasi yang terbuka dengan pelanggan.
- Tanggapi setiap keluhan dengan cepat dan profesional.
- Gunakan feedback untuk memperbaiki produk atau layanan Anda.
5. Rencana Bisnis Tidak Jelas
Rencana bisnis adalah peta jalan yang akan memandu dalam menjalankan UMKM. Tanpa rencana bisnis yang jelas, akan mengakibatkan hilangnya arah dan tujuan. Tentu saja hal ini akan mengakibatkan kesulitan dalam mengambil keputusan strategis selanjutnya.Baca Juga: Pembinaan UMKM Kurang Efektif dan Buang-Buang Anggaran?
Kiat Membuat Elemen Rencana Bisnis:
- Deskripsi usaha dan produk atau jasa yang ditawarkan.
- Analisis pasar dan kompetisi.
- Strategi pemasaran dan penjualan.
- Rencana keuangan dan proyeksi keuntungan.
6. Terlalu Cepat Berekspansi
Berekspansi adalah tujuan dari banyak UMKM, tetapi melakukannya terlalu cepat bisa berakibat fatal. Ekspansi memerlukan dana, sumber daya, dan waktu yang tidak sedikit.Jika tidak direncanakan dengan matang, ekspansi bisa menyebabkan kebangkrutan. Tanda-tanda UMKM Siap Ekspansi:
- Permintaan produk atau jasa yang terus meningkat.
- Keuangan usaha dalam keadaan stabil.
- Tim yang solid dan siap menghadapi tantangan baru.
Komentar
21 Jul 2024 - 10:47
Riwayat penjualan jangan lupa..