4 Tips Berburu Beasiswa Pendidikan ke Luar Negeri

Like

2. Mempersiapkan dokumen

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen sesuai persyaratan. Memiliki nilai minimal IELTS atau TOEFL biasanya menjadi syarat wajib sebelum mendaftar. Ada juga beasiswa yang tidak mewajibkan dua nilai tersebut. Persiapkan juga dokumen-dokumen penting lainnya beserta terjemahannya.

Ada juga beasiswa yang mewajibkan pendaftar untuk menuliskan esai dan CV. Para penyelenggara beasiswa juga menilai kandidat dari cara mereka menulis esai. Be-emers bisa lebih stand out dan tunjukan bahwa kamu berbeda dari pendaftar lain dan layak mendapatkan beasiswa tersebut.
 

3. Belajar lebih giat

Ketika semua proses pendaftaran pengumpulan berkas telah rumpun dan kamu sedang menunggu pengumuman lanjutan untuk proses selanjutnya seperti tes tulis atau wawancara, tidak ada salahnya untuk belajar lagi.

Baca Juga: Perjalanan Mencari Beasiswa: Tips dan Trik untuk Sukses

Kamu bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk menyiapkan tes lanjutan atau lebih memantaskan diri jikalau diterima di negara tujuan. Sehingga, kamu bisa lebih siap dan tidak terkejut serta bisa menyesuaikan diri dengan baik. Dan, tidak ada salahnya untuk belajar.

 

4. Berdoa

Terakhir, serahkan semua urusan pada Tuhan Yang Maha Esa. Kamu sudah memberikan yang terbaik selama proses pendaftaran. Percayalah pada Tuhan bahwa sesuatu yang terbaik untuk kamu tidak akan pernah melewatkanmu. Termasuk hasil dari penerima beasiswa nanti. Tidak perlu berkecil hati jika belum diterima, karena kesempatan untuk mendapatkan beasiswa yang lain masih terbuka.


Itulah tips singkat yang bisa Be-emers terapkan sebagai pemburu beasiswa. Apapun hasilnya,  serahkan pada Yang Maha Kuasa agar nantinya tidak mudah kecewa. Rajinlah belajar dan mencari tahu potensi diri karena pemberi beasiswa tidak hanya mencari yang pintar, tetapi juga yang "berbeda".

Semoga bermanfaat!








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung