Pengalaman jadi Keluarga dengan Single Income, Ini 6 Cara Saya Bertahan!

Like

3. Refreshing Keluarga Hampir Nol Rupiah

Saat single income, sebaiknya tidak perlu melakukan budgeting untuk rekreasi atau refreshing yang membutuhkan biaya. Di rumah saja dengan keluarga, menggunakan waktu akhir pekan untuk bercengkrama dan saling mengobrol merupakan refreshing yang bisa dilakukan 
 

4. Fokus Pada Kebutuhan

Para pejuang single income, harus fokus pada apa yang dibutuhkan dibandingkan hal yang diinginkan. Sebelum membeli suatu barang, sebaiknya dipikirkan beberapa kali, apakah itu suatu kebutuhan atau hanya keinginan belaka.

Baca Juga: Mengelola Keuangan Keluarga Single Income, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!
 

5. Gunakan Tabungan

Jika sudah kepepet, jangan sampai berhutang, gunakan tabungan yang ada dan tersisa, yang penting hindari untuk menambah hutang karena akan menjadi beban tambahan di bulan berikutnya.

 

6. Tetap Jaga Sedekah

Dibalik semua ikhtiar diatas, tetap gunakan jalur langit denhan bersedekah yah be-emers. Percayalah, sedekah ini bekerjanya diluar kita, loh.

Memang saat single income, semua terasa sangat tidak mudah, tetapi pasti bisa dilewati, karena Allah hanya akan memberikan cobaan sesuai kemampuan hambaNya, jika hal-hal sulit terjadi pada kita, artinya kita mampu melewatinya.


Oleh sebab itu, bersyukur adalah hal pertama yang harus diletakkan dalam tulisan ini sedangkan hal lainnya berupa ikhtiar. Nah, be-emers apa pernah mengalami namanya single income? Share pengalaman yuk !

#Mon-FridayChallenge-Juli









----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung