Udah Ikutan Bootcamp? Ini 3 Tips Supaya Enggak Sia-Sia

Ilustrasi program bootcamp (Sumber gambar : pexels.com/Fauxels)

Ilustrasi program bootcamp (Sumber gambar : pexels.com/Fauxels)

Like

Kamu pernah ikutan bootcamp? Menurut kamu apa sih bootcamp itu? Menurut laman jobstreet, yang dimaksud dengan bootcamp adalah program pelatihan yang dirancang agar para peserta dapat menguasai suatu keahlian bidang secara mendalam.

Bootcamp merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan, skill yang biasa diajarkan dalam bootcamp biasanya adalah digital skill. Di bootcamp kita akan mendapatkan pelatihan secara mendalam dan spesifik.

Bootcamp biasanya berlangsung cukup lama, yaitu minimal 12 minggu. Format pembelajaran untuk bootcamp ada beberapa macam, seperti daring, tatap muka dan campuran dari keduanya. Karena mempunyai durasi yang cukup lama dan materi yang mendalam, beberapa bootcamp mematok biaya yang cukup mahal. Hal tersebut membuat beberapa orang menjadi ragu untuk mengikuti bootcamp.

Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa mengikuti bootcamp ini juga mempunyai banyak pengaruh bagi perkembangan karir kita, seperti meningkatkan peluang karir dan peluang kenaikan gaji. Lalu bagaimana jika kita mengikuti bootcamp tetapi ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi kita.

Baca Juga: Ikut Bootcamp Buat Switch Career, Efektif Enggak sih?




Tips Supaya Ikut Bootcamp Kamu Enggak Sia-Sia

Berikut tips yang bisa dilakukan sebelum mengikuti program bootcamp agar bootcamp yang diikuti tidak sia-sia dan mempunyai manfaat bagi diri kita

1. Identifikasi apa tujuan kita

Saat ini banyak sekali program bootcamp yang ditawarkan, sehingga sangat penting untuk mengetahui mana program bootcamp yang sesuai dengan kita. hal pertama yang dilakukan adalah cari tahu tujuan kita.

Mengetahui tujuan kita akan membantu membuat waktu kita tidak terbuang percuma untuk mengikuti bootcamp yang tenyata tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Selain efisiensi waktu, memilih bootcamp yang sesuai dengan kebutuhan kita akan membantu kita supaya lebih fokus mengikuti program bootcamp.