Investasi Jangka Pendek vs Jangka Panjang, Simak Untung dan Ruginya!

Ilustrasi investasi (Sumber gambar : pexels.com/Kindel Media)

Ilustrasi investasi (Sumber gambar : pexels.com/Kindel Media)

Like

Investasi merupakan sebuah kegiatan yang sudah cukup banyak digemari saat ini, terlihat dari banyaknya investor baru yang bermunculan.

Menjadi seorang investor pasti akan merasakan saat-saat galau ketika mengambil keputusan untuk memilih instrumen investasi.

Hal yang paling sering ditemukan adalah bimbang memilih antara menginvestasikan dana mereka di investasi jangka panjang atau jangka pendek.

Investasi jangka panjang adalah investasi yang dilakukan oleh investor dan baru dapat dicairkan minimal 5 tahun, sedangkan untuk investasi jangka pendek dapat dicairkan kurang dari 5 tahun.

Sebenarnya dua investasi tersebut memiliki ciri, keuntungan dan resiko yang berbeda. Sehingga sulit untuk menentukan mana yang lebih cocok untuk kita. Dua hal berikut mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan bagi investor untuk memilih investasi jangka panjang atau jangka pendek.


Baca Juga: Investasi Jangka Panjang vs Jangka Pendek, Tips Sebelum Memutuskan!

 

Pertimbangan Investasi Jangka Pendek vs Jangka Panjang

1. Keuntungan

Dari segi keuntungan, sebenarnya investasi jangka panjang memiliki peluang imbal hasil yang relatif lebih besar daripada investasi jangka pendek.

Instrumen investasi yang termasuk dalam investasi jangka panjang antara lain adalah emas dan properti. Sebagaimana kita tahu bahwa harga emas setiap tahunnya mengalami kenaikan yang cukup tinggi, begitupula dengan properti dimana harganya akan semakin naik seiring dengan jangka waktu yang semakin lama.

Sedangkan keuntungan dari investasi jangka pendek sendiri adalah likuiditasnya yang tinggi alias cepat dicairkan dengan imbal hasil yang rata-rata lebih rendah daripada imbal hasil investasi jangka panjang