Indonesia Legalisasi Aborsi untuk Korban Pemerkosaan, Bagaimana dengan Negara Lain?

Like

Negara yang Melegalkan Aborsi dan Dampaknya

Beberapa negara di dunia juga memiliki pertimbangan tersendiri ketika melegalkan warganya untuk melakukan aborsi, antara lain Kanada, Singapura dan Rusia. Negara yang melegalkan hal tersebut karena pertimbangan bahwa aborsi merupakan hak pribadi sehingga wanita dapat memutuskan apakah dirinya dapat melanjutkan kehamilan pada dirinya atau tidak.

Negara Kanada melegalkan aborsi selama terjadi sebelum batas kehamilan yang berkisar 12 minggu hingga 24 minggu dan tidak mengatur bahwa aborsi hanya dapat dilakukan saat kondisi kesehatan yang membahayakan ataupun korban perkosaan.

Bebeda dengan rusia, Aborsi sepenuhnya legal di Rusia sampai minggu ke-12 kehamilan dan kapan saja ketika kehamilan mengancam nyawa dari ibunya.

Baca Juga: Legalisasi Aborsi Korban Pemerkosaan, Antara Solusi dan Penyalahgunaan

Sedangkan di Singapura, aborsi legal dilakukan di Singapura dan tidak ada batasan usia dalam proses aborsi, dengan kondisi usia kandungan kurang dari 6 bulan atau ketika kondisi kehamilan tersebut membahayakan nyawa calon ibu.


Kondisi mental setiap calon ibu pasti berbeda-beda ketika mengetahui bahwa dirinya mengandung seorang bayi apalagi karena hasil perkosaan ataupun menyebabkan kesehatannya terancam.

Masyarakat tentunya harus bijak untuk memahami alasan dan pertimbangan calon ibu ketika memutuskan melakukan aborsi, terlebih lagi sekarang aturan legal aborsi sudah ditegaskan dan disahkan dalam Peraturan Pemerintah Tentang Kesehatan.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung