Pengin Cuan dari Kerja Freelance? Ini 3 Tipsnya!

Kejra freelance bisa datangkan cuan asalkan kamu tahu rahasianya (Foto.Freepik.com)

Kejra freelance bisa datangkan cuan asalkan kamu tahu rahasianya (Foto.Freepik.com)

Like

Siapa sih yang enggak tergiur kerja freelance? Udah waktu kerjanya fleksibel, bisa kerja dimana saja, gajinya lumayan lagi. Pantesan gen Z pada ngincer kerja freelance, tak terkecuali teman sekantor saya, Steven.

Kata Steven, alasannya melakoni kerja freelance selain mengisi waktu luang, mengembangkan bakat di luar pekerjaan  juga bisa menambah penghasilannya. 

Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah, kak gimana sih cara dapetin kerjaan freelance? Oke, pertama kamu cari tau dulu minat bakatmu apakah di bidang kepenulisan dan penerjemahan, desain, marketing dan sales, event organizer, stylist, make up artist, dll.

Jangan lupa, perkaya dirimu dengan sertifikasi dan pengalaman yang relevan ya. Kalau sudah, coba lamar di portal freelance seperti UpWork, Fiverr, Sribulancer, sebar di media sosial, atau bisa juga langsung ke berbagai agensi dan perusahaan terkait.

Kak, aku udah ngikutin saran kakak tapi kok tetep gak berhasil ya kak? Apa sih kuncinya biar aku bisa sukses kerja freelance? Jemput bola dong shayy. Kamu bisa gunain cara-cara ini : 




Cara Cepat dapat Cuan dari Kerja Freelance

1. Cari koneksi sebanyak mungkin

Come on and reach out, guys. Banyaklah bergaul sama profesional lewat komunitas, event, kegiatan sosial, kelompok belajar dan peer group.
 

Event Komunitas Buku

Event Komunitas Buku
Sumber : https://www.instagram.com/p/C2WlVNyp4I3/?hl=id/

Terkadang orang tuh suka gak ngeh akan potensimu maybe karna mereka jarang update sama medsos atau sesimple belum kenal aja.

Baca Juga: 5 Skill yang jadi Modal untuk Berkarir sebagai Freelancer

Believe me guys, kenalan itu ngaruh banget lho. Kalau sudah kenal, kamu akan mudah dapet klien dan bukan gak mungkin mereka akan repeat order bahkan ngerekomen jasa kamu. Pundi-pundimu makin banyak kan?
 

2.   Rebut peluang yang ada

Ada tawaran kerja meliput suatu acara talkshow atau mendekor ballroom buat pesta sweet seventeen? Ambil aja lagi. Manfaatkan sebaik-baiknya. Ingat, kesempatan tak datang dua kali.
 

 

Tawaran Kerja Freelance

Tawaran Kerja Freelance
Sumber : WhatsApp Group Komunitas Belajar Nulis - Tika Widya
 

Jangan buru-buru underestimate kemampuanmu dulu, karna dari sinilah kamu bisa belajar lebih dan menambah jam terbangmu. Asalkan kamu punya cukup waktu dan tenaga, gas aja.