Panduan Memilih Manajer Investasi Reksa Dana, Cek Lengkapnya Supaya CUAN Maksimal!

Like

Tips Memilih Manajer Investasi Reksa Dana yang Tepat

Sebelumnya kita juga pernah membahas agen asuransi. Dalam memilih manajer investasi ada beberapa hal penting yang kurang lebih sama dengan memilih agen asuransi.

Lebih jelasnya berikut beberapa tips memilih manajer investasi yang dapat dipercaya dan kompeten:

1. Periksa Reputasi dan Rekam Jejak

Sebelum memutuskan untuk memilih manajer investasi, kita harus melakukan riset terdahulu. Penting bagi investor mengetahui reputasi dan rekam jejak manajer investasi yang akan dipilihnya.

Minimal mengetahui bagaimana kinerja mereka di masa lalu. Terutama bagaimana mereka dalam menghadapi kondisi pasar yang sulit. Manajer investasi dengan rekam jejak yang baik cenderung memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam mengelola risiko dan menghasilkan keuntungan.
 

2. Pertimbangkan Pengalaman dan Keahlian

Tidak ada salahnya memberi kesempatan pada manajer investasi pemula. Akan tetapi Be-emers harus siap dengan resikonya.

Bagaimana pun pengalaman sangat berpengaruh terhadap keberhasilan investasi. Manajer yang sudah lama berkecimpung di bidangnya cenderung memiliki pemahaman yang lebih mendalam.

Bagaimana kondisi pasar dan dinamika ekonomi yang sering berubah. Maka dari itu pastikan bahwa manajer investasi yang dipilih memiliki keahlian yang sesuai dengan jenis reksa dana Be-emers.

 

3. Tinjau Biaya dan Fee

Hal masuk ke dalam pertimbangan adalah biaya dan layanan. Profesionalisme mengenai hal tersebut merupakan cerminan kinerja manajer investasi. Mereka biasanya menetapkan biaya layanan dalam bentuk fee manajemen dan biaya performa. 

Maka dari itu penting untuk memahami struktur biaya ini dan membandingkannya dengan manajer investasi lain. Karena bagaimanapun biaya yang terlalu tinggi tentu saja mengurangi keuntungan hasil investasi kita. Akan lebih baik jika memilih manajer yang menetapkan biaya standar dan wajar sesuai dengan nilai yang ditawarkan.
 

4. Pastikan Kepatuhan Terhadap Regulasi

Hal yang paling mendasar adalah manajer investasi memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan mematuhi semua regulasi yang berlaku.

Baca Juga: Reksa Dana Terbaik 2024, Ini Rekomendasinya Supaya Makin Cuan!

Hal tersebut menunjukkan kepatuhan terhadap regulasi sebagai jaminan bahwa manajer investasi menjalankan usahanya secara profesional dan bertanggung jawab.

Hal tersebut dapat diperiksa pada status izin dan catatan kepatuhan manajer investasi melalui situs web OJK.
 

5. Pelajari Strategi Investasi yang Digunakan

Meskipun manajer investasi merupakan perwakilan dari diri kita yang menggunakan strategi dalam setiap pengambilan keputusan.

Namun, sebagai investor kita juga harus tahu dan paham dengan strategi yang digunakan manajer investasi kita.

Untuk menghindari konflik Pastika strategi yang digunakan sesuai dengan tujuan dan profil resiko yang kita miliki.
 

6. Evaluasi Kinerja Reksa Dana secara Konsisten

Evaluasi kinerja reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi secara berkala. Kita tak seharusnya hanya melihat jangka pendeknya saja. Akan tetapi kita harus bisa melihat secara keseluruhan. Kita juga harus memperhatikan bagaimana kinerja jangka panjangnya.

Seorang manajer investasi yang kompeten adalah manajer investasi yang mampu memberikan hasil konsisten dan stabil dalam jangka waktu lama. Meskipun pasar sedang bergejolak ia mampu bertahan dan melewatinya.