Panduan Memilih Manajer Investasi Reksa Dana, Cek Lengkapnya Supaya CUAN Maksimal!

Like

7. Perhatikan Layanan Pelanggan

Manajer investasi yang baik tentunya akan memberikan kemudahan pada akses layanan yang bersifat informatif dan responsif terhadap pertanyaan pelanggan.

Selain itu ia juga akan memberikan laporan secara transparan dan detail mengenai investasi kita. Hal tersebut menunjukkan profesionalisme dan tanggung jawab seorang manajer investasi.
 

8. Minta Referensi dan Review dari Investor Lain

Jika perlu, kita bisa meminta review dari investor lain. Namun, pastikan kita tetap objektif terhadap penilaian dan hasil riset kita sendiri. Bagaimanapun juga, hal ini adalah demi kebaikan dan keuntungan dari investasi yang kita tanam.

 

Manajer Investasi dan Keuntungan Maksimal: Apa yang Harus Diwaspadai?

Penting bagi Be-emers dalam berinvestasi meskipun manajer investasi bertanggung jawab terhadap kesuksesan reksa dana investor. Akan tetapi kita harus tetap waspada dan tidak sepenuhnya percaya dan terlalu bergantung kepada manajer investasi. Karena beberapa hal berikut ini:

1. Risiko Pasar

Sudah menjadi tugas manajer investasi untuk berusaha mengelola risiko pasar, tetapi mereka tidak bisa menghilangkan risiko pasar tersebut secara keseluruhan. Maka dari itu kita harus mempertimbangkan faktor resiko ini sebelum memilih produk reksa dana.
 

2. Keterbatasan Waktu dan Informasi

Bagaimanapun juga manajer investasi adalah manusia yang memiliki keterbatasan. Tidak semua manajer investasi memiliki akses ke informasi yang sama atau mampu bereaksi dengan cepat terhadap perubahan pasar.

Baca Juga: Gimana Cara CUAN Lewat Investasi Reksa Dana? Ini Strateginya ala Senior Trainer!


Oleh karena itu, pastikan untuk memilih manajer investasi yang memiliki sumber daya dan infrastruktur yang memadai untuk mendukung proses investasi.
 

3. Overconfidence

Hal yang sering terjadi manajer investasi terkadang over confidence dengan strategi yang mereka gunakan. Namun, terkadang hal tersebut justru menjadi risiko yang tidak perlu. Maka dari itu penting untuk selalu realistis dalam pengambilan setiap keputusan investasi yang disertai data pendukung.
 

4. Fokus pada Tujuan Jangka Panjang

Secara ideal kita memilih investasi reksa dana adalah untuk tujuan jangka panjang. Maka kita harus fokus terhadap hal itu. Jangan sampai tergiur dengan iming-iming keuntungan jangka pendek tetapi mengurangi keuntungan jangka panjang itu sendiri yang sejatinya adalah tujuan awal investasi reksa dana.

Secara krusial manajer investasi reksa dana berperan dalam membantu investor mencapai tujuan keuangan. Dengan memahami tugas mereka dan menerapkan tips-tips tersebut di atas semoga Be-emers dapat memilih manajer investasi yang tepat. Sehingga keuntungan yang didapat juga maksimal. 

Namun, perlu diingat mereka bukan jaminan terhadap hasil investasi reksa dana kita. Tetap ada resiko-resiko yang harus dihadapi. Maka dari itu melakukan riset yang cermat merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Salam investasi untuk masa depan finansial yang lebih baik.

#Mon-FridayChallengeKemerdekaan










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung